Senin, 09 Juni 2014



1)      Archimedes

Archimedes dari Syracusa
(Yunani: Ἀρχιμήδης)
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/e/e7/Domenico-Fetti_Archimedes_1620.jpg/220px-Domenico-Fetti_Archimedes_1620.jpg
Lukisan Archimedes oleh Fetti (1620)
Lahir
Meninggal
212 SM
Syracusa
Tempat tinggal
Syracusa
Bidang
Dikenal atas

http://bits.wikimedia.org/static-1.24wmf6/skins/common/images/magnify-clip.png
Bola dan tabung dimasukkan dalam bak air Archimedes untuk membuktikan bahwa volume dan luas permukaan bola adalah 2/3 dari tabung
Archimedes dari Syracusa (sekitar 287 SM - 212 SM). Ia adalah ahli matematika dan penemu dari Yunani yang terkenal.[1] Ia belajar di kota Alexandria, Mesir. Pada waktu itu yang menjadi raja di Sirakusa adalah Hieron II, sahabat Archimedes. Archimedes sendiri adalah seorang matematikawan, astronom, filsuf, fisikawan, dan insinyur berbangsa Yunani. Ia dibunuh oleh seorang prajurit Romawi pada penjarahan kota Syracusa, meskipun ada perintah dari jendral Romawi, Marcellus bahwa ia tak boleh dilukai. Sebagian sejarahwan matematika memandang Archimedes sebagai salah satu matematikawan terbesar sejarah, mungkin bersama-sama Newton dan Gauss.
Hukum Archimedes
Pada suatu hari Archimedes dimintai Raja Hieron II untuk menyelidiki apakah mahkota emasnya dicampuri perak atau tidak. Archimedes memikirkan masalah ini dengan sungguh-sungguh. Hingga ia merasa sangat letih dan menceburkan dirinya dalam bak mandi umum penuh dengan air. Lalu, ia memperhatikan ada air yang tumpah ke lantai dan seketika itu pula ia menemukan jawabannya. Ia bangkit berdiri, dan berlari sepanjang jalan ke rumah dengan telanjang bulat. Setiba di rumah ia berteriak pada istrinya, "Eureka! Eureka!" yang artinya "sudah kutemukan! sudah kutemukan!" Lalu ia membuat hukum Archimedes.
Dengan itu ia membuktikan bahwa mahkota raja dicampuri dengan perak. Tukang yang membuatnya dihukum mati.

2)Nicolaus Otto Berasal dari Negara Jerman penemu mesin 4 tak

http://randaka.files.wordpress.com/2010/03/nicolaus-august-otto.jpg?w=103&h=150 https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRb1dbMCjzCNUG_XH3xZMynU3xRSueTve9fAjHK-K4qeuHA4GaP
Penemu mesin pembakaran dalam ( internal combustion engine ). Lahir 14 Juni 1832 di Holzhausen, Jerman. Penemuan mesin 4 tak oleh Otto dilhami oleh penemuan mesin 2 tak oleh Etiene Lenoir, cuma sayangnya bahan bakar mesin 2 tak saat itu adalah gas. Otto berpikiran, kalau saja bahan bakarnya bisa menggunakan bahan bakar cair, akan lebih mudah pengoperasiannya. Otto kemudian merancang karburator, dan dipatenkan. Tapi ditolak oleh lembaga paten, karena ada alat serupa pernah dibikin orang lain.
Pekerjaan Otto sebelumnya adalah seorang penjual teh ( travelling salesman tea ), kopi dan gula. Otto berhenti dari pekerjaan sebagai salesman di tahun 1864. Dia lebih menekuni penemuannya. Mulailah dia membangun angan-angannya. Dia mendirikan Engine Manufacturing Company N.A & Otto ( sekarang menjadi DEUTZ AG di Koln. Jerman )
Pada akhirnya Otto menekuni dan penyempurnakan penemuan Entiene Lenoir. Tahun 1862 dia mengganggas sebuah model mesin baru dengan bergerak atau bekerja atas dasar empat dorongan putaran (mesin Lenoir bekerja atas dasar 2 kali dorongan putaran.). Januari 1862 Otto mulai membuat jenis mesin tersebut. Karena kesulitan dalam segi sistim pembakaran untuk menggerakan mesin agar lebih praktis, maka ia tinggalkan projek mesin 4 tak tersebut, dan dia beralih untuk menyempurnahkan mesin tipe 2 tak yang digerakan oleh gas. Hasilnya, ia patenkan di tahun 1863. Pada tahun itu juga dia menemukan partner bernama Eugenne Langen, pemilik perusahaan gula. Dialah yang membiayai penelitian dan ciptaannya. Mereka berdua membuat pabrik kecil, meneruskan ciptaan yang sudah dipatenkan. Tahun 1867 mesin sistim 2 dorongan putaran dengan menggunakan bahan bakar gas, dapat medali dalam WORD FAIR di Paris. Tahun 1872 dia merekrut seorang engineer muda bernama Gottlieb Daimler.
Kerja sama mereka mampu memajukan pabrik yang telah dibuat. Mesin Otto menjadi pelopor pembuatann mobil Gottlieb Daimler dan Karl Benz. Mobil Daimler pertama berkekuatan 6 tenaga kuda, dijual pada Pangeran Wales. Mobil BENZINE BUGGY dipatenkan tahun 1895.
Walau mendapat keuntungan besar dari penjualan mesin dengan tipe 2 tak tersebut, Otto masih belum bisa lepas dari angan-angannya tentang mesin tipe 4 dorongan putaran ( 4 tak ), yang mengompres campuran bahan bakar minyak dan udara sebelum terjadi pembakaran, yang akan menjadi tenaga dorong putaran. Merupakan penyempurnaan mesin 2 tak ciptaan Lenoir yang tak terbandingkan. Model pertama mesin 4 tak berhasil diciptakan ditahun 1876 pada bulan Mei. Hak paten atas mesin 4 tak tersebit diperoleh Otto setahun kemudian. Karena mesin tersebut mempunyai keunggulan yang amat jelas, maka sangat cepat direspon pasar. Dalam tempo 10 tahun telah terjual lebih dari 30.000 mesin. Dampaknya, semua mesin tipe Lenoir menjadi tersisihkan.
Di tahun 1886, paten Otto atas penemuannya tersebut menjadi perkara, karena seorang Perancis bernama Alphonse Beau de Rochas mempunyai gagasan serupa di tahun 1862. Tapi Alphonse Beau de Rochas tidak bisa dianggap seorang tokoh penemu, karena penemuannya tidak pernah dipasarkan dan dipublikasikan, walaupun sudah pernah dipatenkan.Lebih jauh lagi, tidak pernah muncul model ciptaanya. Yang lebih penting lagi, Otto tidak dapat ilham ciptaanya dari Alphonse Beau de Rochas, melainkan dari mesin 2 tak ciptaan Lenoir. Otto tidak kehilangan hak paten atas ciptaannya mesin 4 tak, tapi dipasar mesinnya menjadi semakin laku. Saat Otto meninggal di tahun1891, dia dalam keadaan yang sangat kaya.
Sejarah Mercedes Benz.
Tahun 1882 Gottlieb Daimler memisahkan diri dari perusahaan Otto, karena dia berkeinginan membuat sepeda bermesin. Menjelang tahun 1883 dia berhasil menciptakan mesin dengan sistim pembakaran yang sempurna, ( tapi bukan seperti mesin yang kita kenal sekarang ) yang mampu mencapai putaran 700-900 rpm ( rotasi per-menit / putaran permenit ). Saat itu mesn model Otto mempunyai rpm 180-200. Pada saat itu Daimler berusaha keras membuat mesin untuk sepeda, yang berarti sepeda motor pertama di dunia.
Tahun berikutnya Daimler membuat mobil roda empat untuk pertama kalinya. Tapi pada saat yang sama Karl Benz membuat mobil beroda tiga, sebuah mobil yang beberapa bulan mendahului Daimler. Mobil Benz juga menggunakan mesin versi Otto. Mobil Benz melaju dalam kecepatan dibawah 400 rpm, tapi pada saat itu, sudah cukup memadai untuk dianggap sebagai mobil praktis. Dalam beberapa tahun Benz berhasil memasarkan mobilnya. Sedang Daimler baru dapat memasarkan mobilnya sedikit lebih terlambat dari Benz, tapi diapun berhasil dengan sukses..
Pada akhirnya, perusahaan Gottlieb Daimler dan Karl Benz bergabung bersama. Dari gabungan dua orang genius itu lahirlah mobil Mercedes Benz.



18 Maret 1858 - 29 September 1913
3)Mesin Diesel

http://www.ceritakecil.com/images/people/0/thumb/13.jpg. Rudolf Diesel, Penemu Mesin Diesel
Rudolf Christian Karl Diesel adalah sarjana mesin dari Jerman dan merupakan penemu dari Diesel lahir di Paris, Perancis pada tahun 1858 dari orangtua yang berkebangsaan Jerman dan berimigrasi ke Perancis. Sebagian masa kecil Diesel dihabiskan di Perancis sampai meletusnya perang Franco-Prussian di tahun 1870. Keluarganya terpaksa mengungsi pindah ke London, Inggris. Dan menjelang perang berakhir, ibunya mengirim Rudolf Diesel yang masih berusia 12 tahun untuk tinggal di Augsburg bersama paman dan bibinya agar dapat berbicara dalam bahasa Jerman dan bersekolah di Royal County Trade School, dimana pamannya menjadi mengajarkan matematika disana.
Pada usia 14 tahun, Rudolf Diesel mengirimkan surat kepada orangtuanya yang berisikan cita-citanya untuk menjadi seorang insinyur, dan setelah menyelesaikan pendidikan dasar dan menjadi murid terbaik di kelasnya pada tahun 1873, dia melanjutkan sekolahnya di School of Augsburg. Selanjutnya pada tahun 1875, dia menerima beasiswa dari Royal Bavarian Polytechnic di Munich, dimana saat itu Rudolf Diesel terpaksa menentang keinginan orangtuanya yang kesulitan keuangan dan mengharapkan agar Rudolf mulai bekerja untuk mencari penghasilan.
Sambil kuliah, Rudolf Diesel bekerja di sebuah pabrik dan mendapatkan banyak pengalaman dari tempatnya bekerja. Pada tahun 1880, Diesel lulus dari universitasnya dan mendapatkan kehormatan sebagai murid dengan nilai akademik terbaik.
Rudolf Diesel mengadakan penelitian, bagaimana agar penggunaan bahan bakar pada suatu mesin menjadi lebih efisien. Dia tahu bahwa mesin-mesin uap yang ada pada jamannya, hanya memiliki tingkat efisiensi sebesar 10-15%. Dia kemudian merancang sebuah mesin dengan bahan bakar yang disemprotkan kedalam ruang kompresi dimana bahan bakar tersebut akan terbakar akibat panas yang timbul akibat kompresi. Mesin inilah yang kita kenal sekarang dengan Mesin Diesel. Impian Diesel untuk menciptakan mesin dengan efisiensi tinggi menjadi tercapai, karena sumber bahan bakar untuk mesin diesel yang dipakai sekarang dan kita kenal dengan nama 'diesel' adalah minyak sisa dari hasil penyaringan bensin.
Setelah kematian Rudolf Diesel, mesin diesel menjadi pengganti mesin uap. Mesin Diesel adalah mesin yang berat dan memiliki bentuk yang lebih kaku dan kokoh dari mesin bensin sehingga mesin diesel tidak digunakan untuk mesin pesawat terbang, tetapi mesin diesel berkembang luas sehingga banyak dipakai oleh pabrik, kapal laut, kapal selam, lokomotif dan mobil modern. Mesin diesel mempunyai keuntungan karena lebih irit bahan bakar daripada mesin dengan bahan bakar bensin. Rudolf Diesel khususnya tertarik untuk menggunakan abu batu bara ataupun minyak sayur sebagai bahan bakar, dan kenyataannya, mesin yang dirancangnya memang dapat berjalan dengan menggunakan minyak sayur.

Johannes Guttenberg Berasal dari Negara Jerman penemu mesin cetak pertama

https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcT50Vk2d_I5lhfrBiR5bFvrwwpUAqt6TGWQp5Ze93t_VP1_IgK2Johann Gutenberg dianggap penemu mesin cetak. Apa yang sebetulnya dia lakukan adalah mengembangkan metode pertama penggunaan huruf cetak yang bergerak dan mesin cetak dalam bentuk begitu rupa sehingga pelbagai macam materi tulisan dapat dicetak dengan cepat dan tepat. Tak ada penemuan yang terlompat dari pemikiran seseorang, tidak juga mesin cetak. Segel dan bulatan segel yang pengerjaannya menganut prinsip serupa dengan cetak blok sudah dikenal di Cina berabad-abad sebelum Gutenberg lahir dan suatu bukti menunjukkan bahwa di tahun 868 M sebuah buku cetakan sudah ditemukan orang di Cina.
Proses serupa juga sudah dikenal orang di Eropa sebelum Gutenberg. Cetak blok memungkinkan pencetakan banyak eksemplar buku tertentu. Proses ini punya satu kelemahan: karena satu set baru serta komplit dari cukilan kayu atau logam harus dibuat untuk sebuah buku, dengan sendirinya tidaklah praktis untuk mencetak berbagai macam buku.
Sering disebut orang sumbangan terpenting Gutenberg adalah penemuannya di bidang huruf cetak yang bisa bergerak. Dalam perkara ini pun hal serupa sudah diketemukan di Cina sekitar pertengahan abad ke-11 M oleh seorang bernama Pi Sheng. Huruf-huruf cetak aslinya terbuat dari semacam tanah yang tidak bisa tahan lama. Sementara itu beberapa orang Cina dan Korea sudah melakukan serentetan penyempurnaan dan berhasil baik sebelum Gutenberg. Orang-orang Korea menggunakan huruf cetak metal, dan pemerintah Korea membantu sebuah pabrik peleburan untuk memproduksi huruf cetak di awal abad ke-15 M. Lepas dari semua ini, keliru juga jika menganggap Pi Sheng seorang yang punya pengaruh spesial. Pada tingkat pertama, Eropa tidak belajar huruf cetak bergerak dari Cina melainkan atas kreasinya sendiri. Kedua, mencetak dengan cara huruf cetak bergerak belum pernah digunakan secara umum di Cina sendiri sampai baru-baru ini saja tatkala prosedur percetakan modern mereka pelajari dari Barat.Ada empat komponen esensial cara percetakan modern. Pertama, huruf cetak yang bergerak, berikut beberapa prosedur penyetelan dan peletakan huruf-huruf yang mapan. Kedua, mesin cetak itu sendiri. Ketiga, tinta yang serasi untuk menghasilkan cetakan. Keempat, bahan semisal kertas untuk mencetaknya. Kertas telah diketemukan di Cina bertahun sebelum mesin cetak oleh Ts'ai Lun dan penggunaannya telah tersebar luas di Eropa sebelum jaman Gutenberg. Itulah unsur satu-satunya dari proses cetak Gutenberg yang sudah siap jadi. Meskipun orang lain pernah melakukan macam-macam pekerjaan terhadap tiap-tiap komponen itu, namun Gutenberg telah berhasil melakukan macam-macam penyempurnaan. Misalnya, dia mengembangkan metal logam campuran untuk huruf cetak; menuangkan cairan logam untuk huruf cetak blok secara tepat dan teliti; minyak tinta cetakserta alat penekan yang diperlukan untuk mencetak.
8. JOHANN GUTENBERG (1400-1468)
Tetapi, sumbangan pikiran Gutenberg secara keseluruhan lebih besar dari siapa pun juga dalam hal penyempurnaan mesin cetak. Arti pentingnya terutama terletak pada keberhasilannya menggabungkan semua unsur mesin cetak menjadi suatu sistem yang efektif dan produktif. Karena itu mesin cetak, berbeda dengan penemuan-penemuan lain sebelumnya, merupakan proses produksi besar-besaran yang utama.
Sepucuk bedil dengan sendirinya jauh lebih efektif ketimbang sebuah busur dan anak panah. Sebuah buku hasil cetakan tak banyak beda dengan sebuah buku hasil tulisan tangan. Kelebihan mesin cetak dengan demikian terletak pada segi produksi besar-besarannya. Apa yang telah dikembangkan oleh Gutenberg bukanlah sebesar sebuah alat atau penemuan akal, dan bukan sekadar serentetan penyempurnaan, melainkan suatu proses produksi lengkap.Perbendaharaan biografis kita mengenai diri Gutenberg langka sekali, kita hanya tahu dia lahir di Jerman sekitar tahun 1400 M di kota Mainz. Sumbangannya terhadap seni cetak-mencetak terjadi pada pertengahan abad dan pekerjaan terbagusnya --apa yang disebut Injil Gutenberg-- dicetak di Mainz sekitar tahun 1454 M. Anehnya, nama Gutenberg tak pernah tercantum dalam buku mana pun, tidak juga dalam Injil Gutenberg, walaupun jelas dia sendiri yang cetak dengan alat penemuannya.Gutenberg tidak pernah tampak sebagai seorang usahawan; benar-benar dia tidak punya keinginan dapat uang dari hasil penemuannya. Dia sering terlibat dengan dakwaan pengadilan yang mengakibatkan keharusan baginya membayar tebusan dalam bentuk alat-alat perlengkapannya kepada temannya bernama Johann Fust. Gutenberg wafat tahun 1468 di kota Mainz.Salah satu pengaruh Gutenberg dalam sejarah dunia dapat mendatangkan keuntungan jika kita hubungkan dengan perkembangan di Cina dan Eropa di masa-masa berikutnya. Pada saat Gutenberg lahir, kedua daerah itu hampir sama majunya. Tetapi sesudah Gutenberg menemukan mesin cetak Eropa melesat maju dengan cepatnya, sedangkan Cina --yang masih menggunakan cetak blok-- perkembangannya agak lambat. Mungkin berlebihan jika kita bilang perkembangan percetakan satu-satunya faktor yang jadi penyebab perbedaan tingkat kemajuan, tetapi penemuan itu jelas punya arti penting yang tidak bisa disingkirkan.Juga penting dicatat jika hanya tiga orang dalam daftar buku ini hidup di masa lima abad sebelum Gutenberg sedangkan enam puluh tujuh hidup di masa lima abad sesudah wafatnya Gutenberg. Ini menunjukkan betapa penemuan Gutenberg amat berarti --bahkan bisa disebut suatu penemuan penting-- dalam kaitan penarikan pelatuk revolusi kemajuan jaman modern.
Alexander Graham Bell bahkan boleh saja tidak lahir ke dunia tetapi telepon tetap diketemukan pada saat yang sama dalam sejarah. Begitu juga bisa diambil contoh penemuan-penemuan lain, tanpa Gutenberg, penemuan alat cetak modern akan tertunda beberapa generasi, dan diukur dari hebatnya pengaruh yang ditimbulkannya, tak salah lagi Gutenberg dapat kehormatan tercantum dalam daftar urutan buku ini.

Christopher Sholes Berasal dari Negara Amerika penemu mesin ketik

Christopher Latham Sholes (14 februari 1819- 17 februari 1890), dia adalah sang penemu mesin ketik dan keyboard Qwerty. Beliau lahir di Mooresburg, Pennsyvania-AS.
http://portalwisconsin.files.wordpress.com/2012/06/christopher_sholes.jpgtahun 1867 beliau menciptakan mesin ketik dan mengembangkannya mesin ketik hingga tercipta keyboard QWERTY pada tahun 1873.entah kenapa susunan pada huruf keyboard QWERTY?? mengapa tidak urut???Karena pada saat sholes menciptakan mesin Ketik, susunan hurufnya dibuat urut berdasarkan huruf latin, sehingga memungkinkan kita mengetik lebih cepat, namun susunan demikian sering menimbulkan masalah. Sering kali saat tombol ditekan, batang-batang huruf (slug) yang menghentak pita itu mengalami kegagalan mekanik, yang lebih sering diakibatkan batang-batang itu saling mengait (jamming). Atas saran James Densmore rekan bisnisnya, ia sholes harus mencari kombinasi huruf lain agar masalah ini dapat terselesaikan.
Karena bingun memikirkan solusinya, Sholes justru mengacak-acak urutan itu sedemikian rupa, sehingga terciptalah kombinasi yang dianggap paling sulit untuk mengetik, dengan tujuan agar tidak terjadi kegagalan mekanik, dan terciptalah suatu urutan QWERTY ini pada mesin ketik. Akhirnya susunan pada mesin ketik inilah yang diturunkan pada keyboard sebagai input komputer dan pada tahun 1973 diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization).\Sebenarnya ada beberapa standar susunan keyboard yang dipakai sekarang ini. Sebut saja ASK (American Simplified Keyboard), umum disebut DVORAK yang ditemukan oleh Dr. August Dvorak sekitar tahun 1940.
https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSQ-VSCLkQ72j8bL2CgUgOqmXh_HX70UfwzNDjQy_oo-iK6AVII2wSecara penelitian saat itu, susunan DVORAK memungkinkan kita untuk mengetik dengan lebih efisien. Tetapi mungkin karena terlambat, akhirnya DVORAK harus tunduk karena dominasi QWERTY yang sudah terjadi pada organisasi-organisasi dunia saat itu dan mereka tidak mau menanggung resiko rush apabila mengganti ke susunan keyboard DVORAK. Satu-satunya pengakuan adalah datang dari ANSI (American National Standard Institute) yang menyetujui susunan keyboard Dvorak sebagai versi “alternatif” di sekitar Tahun 1970.
Susunan keyboard lainnya yang masih perkembangan dari susunan QWERTY adalah QWERTZ yang dipakai di negara seperti Hungaria, Jerman, Swiss, dll. AZERTY oleh negara Prancis dan Belgia, QZERTY, dll.Sholes meninggal pada 17 Februari 1890 setelah berjuang melawan tuberkulosis selama sembilan tahun, dan dimakamkan di Hutan Rumah Pemakaman di Milwaukee.

Penemu Radio Adalah C. Marconi Berasal dari Negara Italia

41 GUGLIELMO MARCONI 1874-1937
Kisah Hidup Sang Penemu Radio Guglielmo Marconi https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRQCRKnTjVr1MQ9ZjCxViobVZxF02QlLeeBYigBONDGM65GgaOb dari keluarga berada, lahirlah Guglielmo Marconi tahun 1874 di Bologna, Itali. Penemu radio ini dapat pendidikan privat dari seorang guru. Tahun 1894 tatkala usianya menginjak dua puluh, Marconi baca percobaan-percobaan yang dilakukan oleh Heinrich Hertz beberapa tahun sebelumnya. Percobaan-percobaan ini dengan gamblang mendemonstrasikan adanya gelombang elektromagnetik yang tak tampak oleh mata, bergerak lewat udara dengan kecepatan suara.
Marconi lantas tergugah dengan ide bahwa gelombang ini bisa dimanfaatkan mengirim tanda-tanda melintasi jarak jauh tanpa lewat kawat yang menyediakan banyak kemungkinan berkembangnya komunikasi yang tak bisa dijangkau telegram. Misalnya, dengan cara ini berita-berita dapat dikirim ke kapal di tengah laut.

Tahun 1895, hanya setahun kerja keras, Marconi berhasil memprodusir peralatan yang diperlukan. Tahun 1896 dia memperagakan alat penemuannya di Inggris dan memperoleh hak paten pertamanya untuk penemuan ini. Marconi bergegas mendirikan perusahaan dan "Marconi" pertama dikirim tahun 1898. Tahun berikutnya dia sudah sanggup kirim berita tanpa lewat kawat menyeberang selat Inggris. Meskipun patennya yang terpenting diperolehnya tahun 1900, Marconi meneruskan pembuatan dan mempatenkan banyak penyempurnaan-penyempurnaan atas dasar penemuannya sendiri. Di tahun 1901 dia berhasil mengirim berita radio melintasi Samudera Atlantik, dari Inggris ke Newfoundland.
Makna penting dari penemuan barunya secara dramatis dilukiskan di tahun 1909 tatkala kapal S.S. Republic rusak akibat tabrakan dan tenggelam ke dasar laut. Berita radio amat membantu, semua penumpang bisa diselamatkan kecuali enam orang. Pada tahun yang sama Marconi berhasil meraih Hadiah Nobel untuk penemuannya. Dan pada tahun berikutnya dia berhasil mengirim berita radio dari Irlandia ke Argentina, suatu jarak yang lebih dari 6000 mil.
Semua berita ini dikirim lewat tanda-tanda sistem kode Marconi. Sebagaimana diketahui, suara itu dapat dikirim lewat radio, tetapi hal ini baru bisa terlaksana sekitar tahun 1915. Penyiaran radio dalam skala komersial baru mulai awal tahun 20-an, tetapi kepopulerannya dan arti pentingnya tumbuh dengan amat cepatnya.
Sebuah penemuan yang hak patennya punya harga tinggi dengan sendirinya menimbulkan pertentangan di pengadilan. Tetapi, rupa-rupa tuntutan lewat pengadilan sirna melenyap sesudah tahun 1914 tatkala pengadilan mengakui hak-hak Marconi. Pada tahun berikutnya, Marconi melakukan pula penyelidikan penting di bidang gelombang pendek dan komunikasi microwave. Dia menghembuskan nafas terakhir di Roma tahun 1937.
Selain Marconi menjadi kesohor selaku penemu, jelas pula pengaruhnya tak diragukan dalam hal arti penting radio dan hal-hal yang berkaitan dengan itu. Marconi tidak menemukan televisi. Tetapi, penemuan radionya merupakan pembuka jalan penting buat televisi, karena itu adalah layak menganggap Marconi punya saham juga dalam pengembangan televisi.
Jelas, komunikasi tanpa kawat punya makna teramat penting dalam dunia modern. Ini bermanfaat amat buat pengiriman berita, untuk hiburan, untuk keperluan militer, untuk penyelidikan ilmiah, untuk tugas-tugas kepolisian, dan lain-lain keperluan. Meskipun untuk beberapa hal telegram (yang sudah diketemukan orang lebih dari setengah abad sebelumnya) boleh dibilang punya kegunaan juga, penggunaan radio secara besar-besaran betul-betul tak tertandingkan. Dia bisa mencapai mobil, kapal di lautan, pesawat yang sedang mengudara, bahkan pesawat ruang angkasa. Jelas merupakan penemuan lebih penting ketimbang tilpun karena berita-berita yang dikirim via tilpun dapat pula dikirim lewat radio, lagi pula pesan-pesan lewat radio dapat dikirim ke tempat-tempat yang tak bisa dicapai tilpun.
Marconi punya tempat urutan lebih tinggi dalam daftar ini ketimbang Graham Bell semata-mata berhubung komunikasi tanpa kawat merupakan penemuan lebih penting daripada tilpun. Saya tempatkan Edison sedikit lebih tinggi dalam urutan daftar buku ini ketimbang Marconi lantaran jumlah besar penemuan yang sudah dilakukannya, meski tak ada satu pun daripadanya yang mengungguli arti penting radio. Karena radio dan televisi hanyalah merupakan bagian kecil saja dari penggunaan praktis dari kerja teoritis Michael Faraday dan James Clerk Maxwell, adillah apabila Marconi mesti ditempatkan dalam urutan sedikit lebih bawah dari kedua orang itu. Bersamaan dengan itu jelas pula bahwa sejumlah kecil saja tokoh-tokoh politik yang punya pengaruh besar terhadap dunia seperti yang dipunyai Marconi, karena itu layak pula dia ditempatkan pada kedudukan cukup tinggi dalam daftar urutan buku ini.

Michael Faraday Berasal dari Negara Inggris penemu dinamo

Michael Faraday (1791-1867) - Penemu Dinamo
https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQmglV6Auz56TODWCnZrkuy54eyU8MCaee1Bg46_n_37wk-VkXI



Dinamo ditemukan oleh Michael Faraday pada tahun 1831.
Michael Faraday adalah seorang penemu berkebangsaan Inggris, lahir pada 22 September 1791 dan meninggal pada 25 Agustus 1867
Michael faraday ( 1791-1867 ) 
http://www.computerhistory.org/semiconductor/assets/images/400x400/1833_1_1.jpg http://www.mesinmart.com/image/cache/Dinamo%20ST-500x500.jpg
SAAT ini, dinamo motor merupakan komponen penting pada kebanyakan alat-alat listrik sebagai mesin penggerak. Bahkan anak kecil pun sudah mengenal dinamo untuk mainan tamiya mereka. Dinamo merupakan salah satu hasil kreativitas Sang Penemu Sejati, Michael Faraday.Michael Faraday adalah seorang ahli dalam bidang kimia dan fisika. Dia lahir pada tanggal 22 September 1791 dan wafat pada tanggal 25 Agustus 1867. Dia dikenal sebagai perintis dalam meneliti tentang listrik dan magnet, bahkan banyak dari para ilmuwan yang mengatakan bahwa beliau adalah seorang peneliti terhebat sepanjang masa. Beberapa konsep yang beliau turunkan secara langsung dari percobaan, seperti garis gaya magnet telah menjadi gagasan dalam fisika modern.
Faraday lahir di sebuah keluarga miskin di Newington, Surrey dekat London. Faraday muda termasuk anak yang kritis namun ia hanya mengenyam sedikit pendidikan dibandingkan sekolah dasar. Walaupun demikian, itu tidak membuat dirinya minder dan berputus asa untuk terus belajar. Pada saat umurnya 14 tahun, ia magang di sebuah usaha penjilidan buku. Di sinilah ia mulai tertarik dengan ilmu fisika dan kimia. Setelah mendengar kuliah seorang dosen kimia terkenal saat itu, Humphry Davy, ia mengirimkan catatan kuliahnya kepada sang dosen. Ternyata sang dosen tertarik dan mengangkat Faraday sebagai asistennya di Laboratorium Universitas terkenal di London ,saat itu dia berusia 21 tahun.Pada tahun pertama kerja di laboratorium, Faraday menemukan dua senyawa klorokarbon dan berhasil mencairkan gas klorin dan beberapa gas lainnya. Kemudian berhasil memisahkan senyawa benzena pada tahun 1825 di mana ia diangkat sebagai ketua laboratorium.Pada tahun 1807, Davy yang memiliki pengaruh besar dalam pemikiran Faraday telah meramalkan bahwa logam natrium dan kalium dapat diendapkan dari senyawanya dengan bantuan arus listrik, suatu proses yang dikenal sebagai elektrolisis. Faraday dengan penuh semangat berusaha keras untuk membuktikan ramalan dosennya tersebut dan pada tahun 1834 hal tersebut menjadi kenyataan maka munculah satu hukum baru tentang listrik, yang dikenal dengan Hukum Faraday.

Penelitian Faraday di bidang listrik dan elektrolisis dipandu oleh kepercayaannya bahwa listrik merupakan salah satu dari kekuatan alam yang lain seperti panas, cahaya, magnet dan kecenderungan kimia. Walaupun idenya tersebut keliru, tapi hal ini membuat ia masuk ke dalam dunia elektromagnetik.
Pada tahun 1785, Charles Coulomb merupakan orang pertama yang menunjukkan prilaku bahwa muatan listrik saling tolak satu sama lain dan hal itu berakhir sampai tahun 1820, Hans Christian Oersted dan Andre Marie Ampere menemukan bahwa arus listrik menghasilkan medan magnet. Hal itu mengubah pemikiran Faraday tentang kekekalan energi dan membuat ia menjadi yakin bahwa medan magnet dapat menghasilkan arus listrik. Ia pun berhasil membuktikannya pada tahun 1831 dan menjadi ide pembuatan dinamo atau generator di mana listrik yang dihasilkan berasal dari mekanik.Pemikiran dan satu percobaan fenomena elektromagnetik yang ditunjukkan Faraday mengenai konsep garis gaya dibantah oleh sebagian besar ahli fisika matematik Eropa, mereka menganggap bahwa muatan listrik saling tarik dan tolak satu sama lain dipengaruhi oleh jarak dan membuat garis gaya menjadi tidak penting. Akan tetapi seorang ahli fisika terkenal pada saat itu, James Clerk Maxwell menerima pemikiran Faraday dan mengubahnya ke bentuk persamaan matematik dan menjadi tonggak lahirnya teori medan modern.
Hasil kreativitas Faraday yang lain (1845) adalah tentang intensitas medan magnet yang dapat memutarkan bidang cahaya terpolarisasi dan sekarang dikenal dengan efek Faraday. Fenomena ini telah digunakan untuk menentukan struktur molekul dan memberikan informasi tentang medan magnet galaksi.
Faraday menggambarkan banyak penelitiannya tentang listrik dan elektromagnet dalam tiga volum berjudul Experimental Researches in Electricity (1839, 1844, dan 1855), Catatan penelitiannya dibuat tarikh dalam Experimental Researches in Chemistry and Physics (1858). Pada tahun 1855, Faraday berhenti meneliti karena masalah kesehatan tapi ia meneruskan pekerjaannya sebagai dosen sampai 1861. Pada tanggal 25 Agustus 1867, Faraday sang penemu tutup usia dengan meninggalkan semua hasil karyanya, namun seluruh jasanya baik berupa produk maupun pemikiran akan selalu dikenang oleh dunia serta menjadikannya sebagai sang penemu sejati.

Alessandro Volta Tokoh Penemu Batu Baterai

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjWXiv8afWhw0-kYhJMuFUTjbGeI2cU_nIgkwZoFC6ZsWxvs6L73m7c-2Y788zMavDswzZC3vWNFet7jCKA0DuJHRBBm8vISINt8ke3cIbApBTPQk2AqAmh8MzsrOrY56qJcfySPCmCL7pe/s1600/images.jpg
Dalam kehidupan sehari-hari baterai, atau kadang juga disebut batu baterai, sangat mudah dijumpai. Banyak peralatan elektronik yang menggunakan baterai sebagai sumber energi untuk menjalankan fungsinya. Batu baterai ini terdiri atas beberapa komponen pendukung yakni batang karbon yang berfungsi sebagai anode, seng atau Zn yang berperan sebagai katode dan pasta yang berperan sebagai elektron atau penghantar energi. Jenis baterai ini sendiri ada dua, yakni yang habis pakai dan yang bisa diisi lagi. Penggunaan batu baterai ini bisa dijumpai pada perangkat elektronik seperti senter, jam, hingga handphone. Nah, mengingat begitu pentingnya benda ini, rasanya tak ada salahnya jika kita mengetahui tokoh penemu batu baterai tersebut. Dia adalah Alessandro Volta.

Berkenalan Lebih Dekat Dengan Tuan Volta


Penemu batu baterai ini berasal dari Italia. Ia lahir di sebuah kota bernama Como yang terletak di wilayah Lambardia pada tahun 1745. Ia kemudian wafat di kota yang sama tempat di mana ia dilahirkan, yakni Como di tahun 1827 di usia 82 tahun. Volta kabarnya seorang bangsawan terkemuka. Ia terlahir di keluarga yang terpandang bersama dengan 8 saudaranya yang lain.

Volta dikenal sebagai seorang ahli fisika, pengarang, ahli kimia, dan seorang guru besar. Ia menemukan batu baetai atau yang dahulu dikenal dengan istilah “tumpukan Volta” di tahun 1800. Selain menjadi penemu batu baterai, sesungguhnya Volta juga berjasa menemukan kondensator, pistol listrik, lampu udara dan juga eudimeter. Selain alat-alat yang disebutkan sebelumnya, Alessandro Volta juga menemukan peralatan yang dikenal dengan nama elektrofikus, yakni alat yang mampu menghasilkan muatan energi listrik dengan cara induksi. Berkat alat ini, Volta kemudian diangkat menjadi seorang guru besar di Universitas Pavia. Tahun berikutnya ia kemudian berhasil menciptakan alat yang terkait dengan listrik statis. Berkat penemuannya ini kemudian ia diangkat menjadi anggota dari Royal Society yakni perkumpulan ilmuan yang termasyur di Eropa. Selain itu, Volta juga diganjar hadiah Mendali Copley.

Dalam masa karirnya, Volta pernah mengalami perseteruan dengan ilmuan lain bernama Galvani, seorang ahli fisiologi yang sesungguhnya juga sahabat Volta. Galvani berpendapat bahwa kaki katak bisa menghasilkan energi listrik apabila ia diikat di tembaga dan kemudian disentuh dengan besi maka kaki katak akan berdenyut. Volta memberikan sanggahan pada pendapat tersebut dan menyatakan bahwa listrik tersebut sesungguhnya berasal dari tembaga dan bukan dari daging katak tersebut. Selama 6 tahun lamanya mereke bersebrangan pedapat. Dan baru pada tahun 1800 teori yang dikemukakan Galvani gugur dengan berhasilnya Volta menjadi penemu batu baterai dan menguatkan teorinya mengenai listrik statis pada tembaga.
Galileo galileli
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/c/cc/Galileo.arp.300pix.jpg/220px-Galileo.arp.300pix.jpg
Potret Galileo Galilei oleh Giusto Sustermans
Lahir
Meninggal
Tempat tinggal
Bidang
http://www.dietrendahkalori.com/wp-content/uploads/2013/10/termometer-elektronik.jpgInstitusi
Dikenal atas
Galileo Galilei (lahir di Pisa, Toscana, 15 Februari 1564 – meninggal di Arcetri, Toscana, 8 Januari 1642 pada umur 77 tahun) adalah seorang astronom, filsuf, dan fisikawan Italia yang memiliki peran besar dalam revolusi ilmiah.
Sumbangannya dalam keilmuan antara lain adalah penyempurnaan teleskop, berbagai pengamatan astronomi, dan hukum gerak pertama dan kedua (dinamika). Selain itu, Galileo juga dikenal sebagai seorang pendukung Copernicus mengenai peredaran bumi mengelilingi matahari.
Akibat pandangannya yang disebut terakhir itu ia dianggap merusak iman dan diajukan ke pengadilan gereja Italia tanggal 22 Juni 1633. Pemikirannya tentang matahari sebagai pusat tata surya bertentangan dengan ajaran Aristoteles maupun keyakinan gereja bahwa bumi adalah pusat alam semesta. Ia dihukum dengan pengucilan (tahanan rumah) sampai meninggalnya. Baru pada tahun 1992 Paus Yohanes Paulus II menyatakan secara resmi bahwa keputusan penghukuman itu adalah salah, dan dalam pidato 21 Desember 2008 Paus Benediktus XVI menyatakan bahwa Gereja Katolik Roma merehabilitasi namanya sebagai ilmuwan.[2]
Menurut Stephen Hawking, Galileo dapat dianggap sebagai penyumbang terbesar bagi dunia sains modern. Ia juga sering disebut-sebut sebagai "bapak astronomi modern", "bapak fisika modern", dan "bapak sains". Hasil usahanya bisa dikatakan sebagai terobosan besar dari Aristoteles. Konfliknya dengan Gereja Katolik Roma (Peristiwa Galileo) adalah sebuah contoh awal konflik antara otoritas agama dengan kebebasan berpikir (terutama dalam sains) pada masyarakat Barat.
Biografi
Prangko peringatan Tahun Astronomi Internasional - Galileo
Galileo Galilei dilahirkan di Pisa, Tuscany pada tanggal 15 Februari 1564 sebagai anak pertama dari Vincenzo Galilei, seorang matematikawan dan musisi asal Florence, dan Giulia Ammannati. Ia sudah dididik sejak masa kecil. Kemudian, ia belajar di Universitas Pisa namun terhenti karena masalah keuangan. Untungnya, ia ditawari jabatan di sana pada tahun 1589 untuk mengajar matematika. Setelah itu, ia pindah ke Universitas Padua untuk mengajar geometri, mekanika, dan astronomi sampai tahun 1610. Pada masa-masa itu, ia sudah mendalami sains dan membuat berbagai penemuan.
Pada tahun 1612, Galileo pergi ke Roma dan bergabung dengan Accademia dei Lincei untuk mengamati bintik matahari. Pada tahun itu juga, muncul penolakan terhadap teori Nicolaus Copernicus, teori yang didukung oleh Galileo. Pada tahun 1614, dari Santa Maria Novella, Tommaso Caccini mengecam pendapat Galileo tentang pergerakan bumi, memberikan anggapan bahwa teori itu sesat dan berbahaya. Galileo sendiri pergi ke Roma untuk mempertahankan dirinya. Pada tahun 1616, Kardinal Roberto Bellarmino menyerahkan pemberitahuan yang melarangnya mendukung maupun mengajarkan teori Copernicus.
Galileo menulis Saggiatore pada tahun 1622, yang kemudian diterbitkan pada 1623. Pada tahun 1624, ia mengembangkan salah satu mikroskop awal. Pada tahun 1630, ia kembali ke Roma untuk membuat izin mencetak buku Dialogo sopra i due massimi sistemi del mondo yang kemudian diterbitkan di Florence pada 1632. Namun, pada tahun itu pula, Gereja Katolik menjatuhkan vonis bahwa Galileo harus ditahan di Siena.
Di bulan Desember 1633, ia diperbolehkan pensiun ke vilanya di Arcetri. Buku terakhirnya, Discorsi e dimostrazioni matematiche, intorno à due nuove scienze diterbitkan di Leiden pada 1638. Di saat itu, Galileo hampir buta total. Pada tanggal 8 Januari 1642, Galileo wafat di Arcetri saat ditemani oleh Vincenzo Viviani, salah seorang muridnya.


Penemu Kapal Selam Berasal dari Belanda


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEitm9ok-BA8mVl8tX-JgkksPKj5ww6hR0fkxaQRFUScl_nWJwF8BwtAPWhubKPyF7zVz414FdQaH7yA3_FLHywXhuYSDgv7Est4346d4QXocKpLfyN7KbIXZ8N-lCZQJeWe99Jj9QaiCTjp/s200/Cornelius-drebbel.jpg
Banyak piooner asal negeri tulip Belanda yang menemukan benda-benda dan alat transportasi yang digunakan dan bahkan popular di zaman ini. Seperti contohnya adalah penemuan dari Cornelis Jacobsz Drebbel yang berhasil membuat kapal selam pertama pada tahun 1620, Hans Lippershey yang pertama kali menciptakan dan menyebarkan desain teleskop yang praktis sekitar tahun 1608, Zacharias Janssen yang pada tahun 1590 dengan ayahnya menciptakan mikroskop yang menggunakan lensa cekung dan cembung untuk melihat benda kecil yang tidak bisa dilihat oleh mata telanjang, ada juga Anthony Van Leuwenhook dengan julukannya ‘Bapak Mikrobiologi’ yang berhasil menemukan lensa untuk mikroskop dan berhasil membuat sekitar 200 mikroskop dengan perbesaran yang berbeda-beda, dan masih banyak lagi penemu asal Belanda yang lainnya.Saya sangat terkesan dengan penemuan kapal selam. Bagaimana mungkin Cornelis Jacobsz Drebbel pada saat itu berhasil membuat kapal selam dan bagaimana prosesnya?  Kalau begitu mari kita berkenalan lebih dekat dengan salah satu pioneer asal Belanda ini.Cornelis Jacobsz Drebbel lahir di Alkmaar, Belanda pada tahun 1572. Pada tahun 1595 ia menikah dengan Sophia Jansdochter Goltzius. Mereka memiliki 4 orang anak. Drebbel adalah seorang inovator yang berkontribusi terhadap pengembangan sistem pengukuran dan kontrol, optik dan kimia. Drebbel dan keluarganya pindah ke Inggris pada tahun 1604 atas undangan raja Inggris pada saat itu, James I. Beliau juga sempat pindah ke kota Praha, Ceko pada tahun 1610. Tetapi beliau kembali ke Inggris lagi pada tahun 1612 sampai beliau wafat di London pada 7 November 1633. Hasil penemuan Drebbel yang paling terkenal adalah kapal selam.


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhxw52lNBBa35LMg26OGkrv64UHT7-GBK6AKApeEf0j9T3BkOJ1rwtl4p1JuvaA0wcp_xdA5OCQ1wTGxDSIbIaD2qyTZc-0qX-2cKM6_doZs09yiecGKqtictqQ0ZQsEJPG4anlAkZDTQXp/s640/Van_Drebbel.jpg
Kapal selam model ketiga Drebbel
Drebbel bukan orang yang pertama yang berencana membuat kapal selam. Sebelumnya Leonardo da Vinci (1452-1519) pernah membuat sketsa kapal selam. Lalu William Bourne merancang rencana pembuatan kapal tersebut pada tahun 1578. Tetapi Drebbel lah yang akhirnya bisa membuat kapal selam pertama pada tahun 1620. Beliau menggunakan desain dari William Bourne. Lalu antara tahun 1620 dan 1624 Drebbel berhasil membangun dan menguji dua kapal selam lagi, masing-masing lebih besar dari yang terakhir. Model terakhir yang dibuat van Drebbel mempunyai enam dayung dan dapat menampung 16 penumpang. Kapal itu dapat menyelam selama tiga jam dan belayar hingga 12-15 kaki di bawah permukaan air dengan kecepatan sekitar 18 km/jam. Kapal selam tersebut dibuat hidrodinamik. Hidrodinamik dapat mengurangi hambatan ketika tenggelam.
onblur="try {parent.deselectBloggerImageGracefully();} catch(e) {}" v:shapes="BLOGGER_PHOTO_ID_5649386944295310338">Zacharias Janssen dilahirkan pada tahun 1580 di negara Kincir Angin, Belanda, dan meninggal dunia pada usia 58 tahun atau tepatnya pada tahun 1638. merupakan seorang ilmuwan yang berasal dari Belanda. Penemuannya yang paling terkenal yaitu mikroskop pertama yang digunakan untuk melihat benda-benda yang sangat kecil ukurannya dan sulit dijangkau bila menggunakan mata telanjang. Penemuan mikroskop ini memberikan pengaruh besar pada perkembangan ilmu pengetahuan dan tidak sedikit penemuan-penemuan besar yang sangat bermanfaat bagi peradaban dunia diteliti dengan menggunakan mikroskop.

Beliau menyadari betul bahwa di dunia ini terdapat benda-benda dengan ukuran yang lebih kecil dan sulit dijangkau dengan kasat mata. Pada tahun 1590, bersama dengan ayahnya, beliau berhasil menciptakan sebuah mikroskop dengan menggunakan lensa cembung dan cekung untuk memperbesar tampilan benda-benda yang sangat kecil ukurannya. Mekanisme penyetelan fokus yang pertama untuk mikroskop tersebut dibuat dan disempurnakan oleh Campini, seorang ilmuwan yang berasal dari Italia, pada tahun 1668.

Temuan mikroskop saat itu mendorong ilmuan lain, seperti Galileo Galilei (Italia), untuk membuat alat yang sama. Bahkan Galileo mengklaim dririnya sebagai pencipta pertamanya yang telah membuat alat ini pada tahun 1610.

Galileo menyelesaikan pembuatan mikroskop pada tahun 1609 dan mikroskop yang dibuatnya diberi nama yang sama dengan penemunya, yaitu mikroskop Galileo. Mikroskop jenis ini menggunakan lensa optik, sehingga disebut mikroskop optik. Mikroskop yang dirakit dari lensa optik memiliki kemampuan terbatas dalam memperbesar ukuran obyek. Hal ini disebabkan oleh limit difraksi cahaya yang ditentukan oleh panjang gelombang cahaya. Secara teoritis, panjang gelombang cahaya ini hanya sampai sekitar 200 nanometer. Untuk itu, mikroskop berbasis lensa optik ini tidak bisa mengamati ukuran di bawah 200 nanometer.

Setelah itu seorang berkebangsaan belanda bernama Antony Van Leeuwenhoek (1632-1723) terus mengembangkan pembesaran
mikroskopis. Antony Van Leeuwenhoek sebenarnya bukan peneliti atau ilmuwan yang profesional. Profesi sebenarnya adalah sebagai ‘wine terster’ di kota Delf, Belanda. Ia biasa menggunakan kaca pembesar untuk mengamati serat-seratpada kain. Tetapi rasa ingin tahunya yang besar terhadap alam semesta menjadikannya salah seorang penemu mikrobiologi.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjzxbl67uGFVMMaam7f5KWT5YgLMtlod3cBYqwtDOj8b8RHYPd3RCuhyEgT7X35sVM_Zcs-q7taG1Q5bxL9nAuugxSZabQiq9C6UgRFksulHV2bDrX4tTpYcjAr3pXg2Nyp-5Gu4CZsMydp/s320/Untitled-1.jpg
Leewenhoek menggunakan mikroskopnya yang sangat sederhana untuk mengamati air sungai, air hujan, ludah, feses dan lain sebagainya. Ia tertarik dengan banyaknya benda-benda kecil yang dapat bergerak yang tidak terlihat dengan mata biasa. Ia menyebut benda-benda bergerak tadi dengan ‘animalcule’ yang menurutnya merupakan hewan-hewan yang sangat kecil. Penemuan ini membuatnya lebih antusias dalam mengamati benda-benda tadi dengan lebih meningkatkan mikroskopnya. Hal ini dilakukan dengan menumpuk lebih banyak lensa dan memasangnya di lempengan perak. Akhirnya Leewenhoek membuat 250 mikroskop yang mampu memperbesar 200-300 kali. Leewenhoek mencatat dengan teliti hasil pengamatannya tersebut danmengirimkannya ke British Royal Society. Salah satu isi suratnya yang pertama pada tanggal 7 September 1674 ia menggambarkan adanya hewan yang sangat kecil yang sekarang dikenal dengan protozoa. Antara tahun 1963-1723 ia menulis lebih dari 300 surat yang melaporkan berbagai hasil pengamatannya. Salah satu diantaranya adalah bentuk batang, coccus maupun spiral yang sekarang dikenal dengan bakteri. Penemuan-penemuan tersebut membuat dunia sadar akan adanya bentuk kehidupan yang sangat kecil yang akhirnya melahirkan ilmu mikrobiologi.
Bila Di Eropa, mikroskop sudah dikenal sejak abad ke-17 dan digunakan untuk melihat binatang-binatang sejenis mikroba. Menariknya, orang Jepang senang menggunakannya untuk mengamati serangga berukuran kecil, dan hasilnya berupa buku-buku berisi pemerian tentang serangga secara mendetail
Baron Karl Von Drais, Penemu, Sepeda, BiografiBaron Karls Drais von Sauerbronn atau Karl Drais lahir pada tanggal 29 April 1785 di Karlsruhe, Jerman, dia adalah seorang penemu Jerman dan menemukan Laufmaschine juga kemudian disebut sepeda beroda tiga, atau draisienne. Ini kemudian dimasukkan sebagai prinsip roda dua yang kemudian menjadi dasar untuk sepeda dan sepeda motor dan merupakan awal dari transportasi pribadi mekanik. Drais juga menemukan mesin ketik awal dengan keyboard pada tahun 1821. Dari 1803-1805, Drais belajar arsitektur, pertanian dan fisika di University of Heidelberg.Ia bergabung sebagai pejabat kehutanan, bekerja sebagai guru di lembaga kehutanan pribadi milik pamannya, dan pada tahun 1810 menerima gelar kepala rimbawan, tetapi posisinya belum ditentukan. Satu tahun kemudian ia diskors dari dinasnya, tapi terus menerima gaji sehingga dia bisa mencurahkan lebih banyak waktu untuk penemuannya.
Drais berhasil melakukan terobosan penting,yang ternyata merupakan peletak dasar perkembangan sepeda selanjutnya. Oleh Von Drais, Hobby Horse dimodifikasi hingga akhirnya mempunyai mekanisme kemudi pada bagian roda depan. bentuknya sepeda beroda tiga, bentuk awal dari sepeda, namun tanpa pedal. Perjalanannya yang pertama dilaporkan, dari Mannheim ke Schwetzinger Relaishaus berlangsung pada tanggal 12 Juni 1817. Pada tahun yang sama, dia melakukan perjalanan kedua, dari Gernsbach ke Baden, dan lain-lain. Dengan mengambil tenaga gerak dari kedua kaki, Von Drais mampu meluncur lebih cepat saat berkeliling. Dia sendiri menyebut kendaraan ini dengan nama Draisienne. Beritanya sendiri dimuat di koran lokal Jerman pada 1817. Pada 1839, Kirkpatrick Macmillan menambahkan batang penggerak yang menghubungkan antara roda belakang dan ban depan Draisienne.border="0">
Sepeda Draisienne ini tak bertahan lama, karena setelah itu, mulai muncul jenis-jenis sepeda baru yang lebih effisien bahkan beberapa di antaranya ada yang sudah menggunakan pedal, walaupun pedal tersebut masih belum sempurna seperti sepeda jaman sekarang). Walau begitu, sepeda buatan Baron von Drais ini tetap harus diacungi jempol, karena sudah mampu menjadi tonggak munculnya sepeda-sepeda modern di dunia.

Baron Karl Von Drais, Penemu, Sepeda, Biografi
Pada tanggal 12 Januari 1818, Drais dianugerahi sebuah penghormatan dengan gelar duke sebagai imbalan atas penemuannya. Baden tidak memiliki hak paten atas penemuannya pada waktu itu. Grand Duke Karl Drais kemudian juga ditunjuk sebagai Profesor Mekanika. Ini hanyalah sebuah gelar kehormatan, tidak berhubungan dengan universitas atau lembaga lain. Drais pensiun dari layanan sipil dan terus menerima gaji sebagai atas penemuannya.

Bencana mendekati Drais ketika sebuah pembunuhan dan pemenggalan terjadi atas Ludwig Sand, pada tahun 1820. Ayah Drais sebagai hakim tertinggi Baden, menolak meminta maaf, dan anaknya kemudian di kepung oleh mahasiswa mahasiswa di jerman. Oleh karena itu, 1822-1827, Drais kemudian pindah ke Brasil sebagai pengawas tanah di Fazenda milik Georg Heinrich von Langsdorff, namun kembali ke Mannheim.

sebab dari penemuannya adalah adanya anomali iklim 1816, Tahun tanpa musim panas di sebabkan karena letusan maha dahsyat Gunung Tambora di Indonesia menyebabkan transportasi di Eropa terganggu akibat kegagalan panen dan kelaparan kuda, dan inilah penyebab dari penemuan Drais 'dari sepeda beroda tiga tersebut.

Drais kemudian meninggal di kota kelahirannya, Karlsruhe pada tanggal 10 Desember 1851, tanpa uang sepeser pun setelah Prusia melakukan revolusi di Baden dan menyita uang pensiun drais sepenuhnya untuk membayar biaya revolusi

Hans Lippershey dikenal juga Johann Lippershey atau Lipperhey, adalah seorang pembuat lensa berdarah Jerman-Belanda. Ia dilahirkan di Wesel, Jerman Barat. Kemudian ia menetap di Middelburg, Belanda pada 1594, serta menikah pada tahun yang sama, dan menjadi warganegara Belanda pada 1602. Ia tinggal Middelburg sampai kematiannya. Teleskop Galileo, bukanlah teleskop pertama yang ditemukan. Sebelum Galileo, banyak peneliti yang mengklaim bahwa dirinya adalah penemu teleskop. Meskipun begitu, teleskop Galileo adalah suatu alat yang lebih baik dari modifikasi teleskop refraksi yang dibuat oleh orang berkebangsaaan Belanda, Hans Lippershey.

Teleskop kemungkinan telah banyak diciptakan lebih awal, dan masih menjadi perdebatan tentang penemu yang sebenarnya. Tetapi Lippershey dipercaya sebagai orang pertama mendapat suatu hak paten untuk desainnya dan membuatnya untuk digunakan secara umum pada 1608. Namun, pada pada kenyataanya ia gagal menerima suatu hak paten untuk teleskop temuannya itu. Tetapi akhirnya ia dihadiahi oleh pemerintah Belanda atas duplikat dari desainnya. ” The Dutch Perspective Glass “, Teropong bintang yang Lippershey temukan hanya bisa memperbesar tiga kali pembesaran. Inisiatif awal untuk memperoleh hak paten dari temuannya diajukan pada bagian akhir laporannya ke Kedutaan Belanda dari Kerajaan Siam yang dipimpin oleh Raja Ekathotsarot.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEil5NrVt8S00AV7_K0Dg3rNKGDVAuj6m4OI-C2vedT22zcBHlgpqBnJVaPMxTm8IilOR_mLKeIZEYb_8Yc1oM2alwlnMM-EKGiYDCvvXa8ZaP6JUHmxR3Yr1w7SD-2G-wjCyFv5Nak2e1iO/s1600/SuperStock_1746-2515.jpg

Laporan diplomatik segera disebarkan ke Eropa, dan mendorong eksperimen oleh ilmuwan lain seperti Paolo Sarpi Italia, yang menerima laporannya pada bulan November, atau Thomas Harriot dari Inggris pada 1609, dan Galileo Galilei yang segera memodifikasi teleskop Lippershey. Hans Lippershey memegang sebuah lensa di depan lensa lain untuk memperbesar jarak objek. Dengan memasang dua lensa di dalam tabung yang terbuat dari kayu, Lippershey membuat teleskop yang pertama

http://projectionsystems.files.wordpress.com/2009/08/aaaagalileo_telescope.jpg
Teknik membuat kaca baru diperkenalkan oleh orang Italia di 1590-an, dan mungkin beberapa gagasan tentang pengkombinasian lensa ini telah munculkan komunitas pembuat kaca. Walaupun orang-orang mengklaim bahwa penemuan yang teleskop dan perangkatnya mustahil untuk dijaga kerahasiaannya, catatan awal telah ditemukannya suatu perangkat (seperti teleskop) tercantum pada surat pemerintah Zeeland ke delegasi nya di Serikat Belanda, tanggal 25 September 1608, yang berisi “siapakah orang yang menemukan penemuan baru yang dapat melihat benda pada jarak jauh akan menjadi seolah-olah dekat”. Setelah itu, juga ada petisi dari Jacob Metius dari Alkmaar, sebuah kota di utara Belanda, yang juga mengklaim dirinya sebagai penemu teleskop. Klaim ketiga juga muncul dari Sacharias Janssen, dan juga menjadi bahan pembicaraan di Middelburg, yang muncul beberapa dekade kemudian. Catatan yang ada tidak cukup memadai untuk menentukan siapa yang sebenarnya penemu dari teleskop. Semua dapat kita katakan bahwa hak paten Lippershey adalah awal dari sebuah catatan ditemukannya teleskop.


- Gottlieb Daimler
Penemu Mobil - Gottlieb Daimler
Penemu Mobil - Gottlieb Daimler. Di abad 21 sekarang ini, mobil menjadi alat transportasi yang sangat penting, mobil merupakan alat transportasi yang digerakkan menggunakan tenaga mesin sebagai alat penggeraknya. Perkembangan mobil dari waktu ke waktu makin canggih dimana para produsen pembuat mobil semakin memanjakan konsumen dengan menghadirkan kenyamanan bagi para konsumennya dalam menggunakan mobil. Jika melihat dari perkembangan mobil sebagai alat transportasi yang semakin canggih maka berterima kasihlah kepada Penemu mobil yaitu Gottlieb Daimler yang berkebangsaan Jerman bersama Carl Freidrich Benz. Mereka berdua dikenal dunia sebagai pelopor atau penemu dari mobil. Sejak kecil pria yang bernama Gottlieb Daimler ini sangat menyukai mesin maka tak heran saat masuk perkuliahan ia kemudian memilih konsentrasi teknik mesin dan kemudian menjadi Insinyur mesin.

Di tahun 1882 Gottlieb Daimler mengambil langkah sendiri dengan membuat mesin yang kemudian dipasang pada sepeda maka konsekuensinya Gottlieb Daimler memilih berpisah dari perusahaan tempat ia bekerja akibat dari langkahnya tersebut. Hasilnya adalah terciptalah mesin dengan kecepatan 700-800 permenit dimana mesin tersebut merupakan mesin dengan pembakaran sempurna. Dalam pembuatan mesin tersebut Gottlieb Daimler berusaha mati-matian dalam menciptakan mesin tersebut yang kemudian dikenal sebagai mesin sepeda pertama. Setahun kemudian, secara tak disangka-sangka Karl Benz melakukan terobosan dengan membuat sebuah mobil yang mempunyai roda tiga dimana ia mendahului Gottlieb Daimler.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgVfRp5XB1B9GPzM1z99vSezc0gZLKouL2hU50GVNZhRSmttuDQgR1o9UYPwFsz90nVHQ6jKhviU_A9M5LHjSaZycoybiHHsEV4U_k73QDLwf04O1WCNYmrhp2UFAREOMdyAXkekIIb3Scn/s1600/220px-Gottliebdaimler1-horz.jpg

Persamaan dari keduanya adalah mobil buatan keduanya menggunakan mesin Otto sebagai tenaga penggeraknya. Gottlieb Daimler membuat gerakan dengan mengambil langkah memasarkan mobil temuannya lebih awal dibanding Carl Benz. Dari langkah tersebut kemudian Gottlieb Daimler mendirikan Daimler Motoren Gesellschaft (DMG) ditahun 1890. Mobil Daimler yang pertama ditenagai dengan kekuatan enam tenaga kuda yang kemudian ia jual kepada pangeran Wales. kemudian pada tahun 1895 Mobil yang bernama 'Benzine Buggy". Gottlieb Daimler kemudian meninggal dunia pada tahun 1900 pada usia enam puluh enam. Gottlieb Daimler kemudian dikenang sebagai penemu dari alat transportasi bernama mobil, selain itu ia juga dikenal sebagai penemu mesin empat tak.

Mobil hasil temuan Gottlieb Daimler terus dikembangkan hingga menjadi sebuah alat transportasi paling penting. Dimasa sekarang, mobil berkembang semakin canggih dimana bahan bakarnya tidak lagi menggunakan bensin ataupun solar melainkan menggunakan listrik sebagai tenaga penggeraknya. Menurut Wikipedia di tahun 2007, secara keseluruhan ada 71,9 juta unit mobil baru yang terjual di seluruh dunia, 22,4 juta unit di Eropa, 21,4 juta unit di Asia, 19,4 juta unit di Amerika Serikat dan Kanada, 4,4 juta unit di kawasan Amerika Latin, 2,4 juta unit di Timur Tengah, dan 1,4 juta unit di Afrika. Pasar di kawasan Amerika Utara dan Jepang sudah stagnan, sedangkan di Amerika Selatan dan beberapa negara Asia tumbuh pesat
.






Nikola Tesla, penemu Motor Listrik AC ( Alternating Current ).
http://randaka.files.wordpress.com/2010/04/poto-tesla.jpg?w=100&h=150

Terlahir dari etnis Serbia, pada 28 Juni 1856, disebuah desa Smiljan, Kroasia. Ayahnya, Milutin Tesla, seorang pendeta dari Gereja Ortodox. Ibunya bernama Duka, saudara dari seorang pendeta gereja ortodox juga. Nikola asalah anak ke empat dari lima bersaudara. Satu laki laki bernama Dane dan 3 perempuan bernama Milka, Angelina, Marica. Tahun 1862, sekelurga pindah ke Gospic

Tesla belajar tentang kelistrikan di politeknik Austria., di Graze, tahun 1875. Ia belajar tentang arus bolak balik ( AC; Altenative Current ). Tapi menurut informasi dari universitasnya, dia tidak meneruskan belajarnya, dia keluar pada semester pertama pada tahun ke tiga.
Desember 1878, dia memutuskan pindah ke Graz, dan pada saat itu dia putus hubungan dengan keluarganya. Seorang temannya mengabarkan kalau dia menghilang di Mura. Kenyataanya dia pergi ke Maribor ( sekarang bernama Slovenia ). Disana untuk pertama kaliya dia bekerja menjadi asisten tehnik untuk satu tahun. Pada maa-masa itu dirinya merasa menderita dan gelisah, pikirannya kacau. 1880 mengikuti saran ayahnya untuk belajar di Charles -Ferdinand University, Praha. Sampai akhirnya sang ayah meninggal dia sudah menyelesaikan semua mata pelajaran disana, hanya atu mata pelajaran yang tidak tuntas dia pelajari.
Tahun 1880 dia pindah ke Budapest, bekeja di sebuah perusahaan telegrap, National Telephone Company, dan bertemu dengan seorang pemuda, Nebojša Petrović, seorang penemu keturunan Serbia, yang tinggal di Autria. Mereka bekerja sama membuat projek , menciptakan sebuah tenaga yang bisa bekerja secara terus menerus. Mereka menggunakan sebuah mesin turbin ganda.
Saat pembukaan kantor sentral telepone di Budapest tahun 1881, Tesla menjadi kepala bagian kelistrikan di perusahaan itu. Dan pada akhirnya diangkat sebagai engineer sistim telepon perkotaan, merupakan sistim telepon perkotaan pertama kalinya. Disamping itu dia terus mengembangkan sistim telephone repeater atau Amplifier. Dan menurut para penulis sejarah, kemungkinan penemuan Tesla tersebut adalah penemuan Loudspeaker untuk pertama kalinya.
Tahun 1882 dia pindah ke Paris dan bekerja sebagai engineer di Contionental Edison Company, tugasnya mendesain peralatan elecric yang mampu melintas benua, adalah sebuah ide dari Edison. Pada tahun itu dia mulai mengerti tentang motor induksi dan mulai mengembangkan beberapa variasi, dengan sistim putaran bidang magnetik ( Rotating Maghnetic Fields ),dan mendapatkan hak patentnya pada tahun 1888. Pada tahun itu juga ia mendengar kabar kalau Ibunya meninggal, hal tersebut adalah goncangan terberat baginya,. mengakibatkan dia jatuh sakit. Selama 2-3 minggu. Dia menjalani penyembuhan di Gospic dan sebuah desa Tomingaj dekat Gracac, tempat dimana Ibunya dilahirkan
16 juni 1894, Tesla tiba di New York, Amerika. Dengan berbekal surat rekomendai dari kepala pekerja, Charles Batchelor, surat itu ditujukan ke Thomas Alva Edison. Isi surat tersebut adalah sbb : ” Saya kenal dua orang hebat, satu kamu dan salah satunya lagi adalah pemuda ini ( I know two great men and you are one of them; the other is this young man.)“. Edison merekrut Tesla, dan bergabung di Edison Machine Work. Tesla diberi tugas untuk menyelessaian kesulitan – kesulitan kecil tentang kelistrikan, sampai penyelesaian masalah yang berskala besar. Tesla pernah ditawari perusahaan Edison untuk mendesain ulang generator arus searah ( Direct current generator ) milik perusahaan itu. Tapi karena pendapatan yang tidak memuaskannya dari perusahaan Edison, akhirnya dia keluar dari perusahaan itu.
http://randaka.files.wordpress.com/2010/04/tesla-coil.jpg?w=300&h=230
Tahun 1886 Tesla membentuk perusahaan sendiri, bernama Tesla Electric Light and Manufacturing. Tapi para investornya tidak setuju kalau dia meneruskan projek Alternating Current motor, pada akhirnya dia dibebas tugaskan dari perusahaan itu secepatnya.
Tahun 1888, dia menandatangi kontrak, setelah dia berhasil mendemontrasikan kerja motor induksi arus bolak balik ( Alternating Current Induction motor ) didepan American Institute of Electrical Engineers ( sekarang IEEE ). Pada tahun yang sama dia mengembangkan salah satu temuannya, yang dia namakan Prinsip Tesla Coil. Dan mulai bekerja sama dengan George Westinghouse, pemilik Westinghaouse Electric and Manufacturing Company,s, di Pittsburgh Labs.
April 1887, Tesla mulai melakukan penyelidikan dengan apa yang dinamakan orang, X-rays ( sinar X ). Dia menggunakan terminal tunggal vacuum tube.Dia berhasil mengetahui, sinar itu merupakan pancaran electron dari electroda tunggal merupakan kombinasi dari Field Electron Emission ( pancaran bidang electron ) dan Thermionic Emission ( pancaran termionis ). Electron tersebut dilepaskan dengan seketika dengan sangat kuat dengan menggunakan bidang electric berkuatan tinggi didekat electrode selama posisi puncak Voltase negatip dari HV output Tesla Coil. Untuk membangkitkan X-rays, dengan cara menabrakannya pada sebuah sungkup kaca ( glass envelope ). Dia juga menggunakan tube Geissler. Di tahun 1892 Tesla menyadari, sinar tersebut bisa merusak kulit, dari hasil penyelidikan Wilhelm Rongent, sebagai dampak atas penggunaan sinar X tersebut.
30 Juli 1891, Tesla resmi menjadi warga negara Amerika, di umur 35 tahun. Tesla mendirikan Laboratoriumnya di 35 South Fifth Avenue, New York ditahun yang sama. Kemudian dia mendirikan Laboratorium lagi “ Houton Street Laboratory” di Houston street 46 E di New York pula. Tesla menjadi Vice President American Institute of Electrical Engineers. Dari tahun 1893 sampai tahun 1895 dia melakukan penelitian elektrik arus bolak balik frekwensi tinggi. Berhasil menghasilkan listrik arus bolak balik sejuta volt, dengan menggunakan peralatannya, Tesla Coil yang berbentuk kerucut. Serta melakukan penelitian efeknya terhadap kulit. Mendesain circuite putar, menemukan mesin penyebab tidur, cordless gas discharge lamps, transmiter dengan energi electromagnetic tanpa kabel. Tahun 1893 dia mendemontrasikan tentang radio komunikasi di St. Louis, Missouri.
Tahun 1912 dan 1915, Tesla dicalonkan sebagai salah satu penerima hadiah Nobel. 1917 dia menetapkan prinsip sistim radar, merupakan radar yang masih sangat primitip waktu itu. Tahun 1934, Emile Girardeau, bekerja dengan sistim radar milik Perancis, merupakan radar pertama di dunia. Dia menyatakan, radar tersebut dibangun berdasarkan prinsip-prinsip radar Tesla.
Pada tahu 1931 pada ulang tahunya yang ke 75, majalah TIME memuat dirinya sebagai cover majalah, dengan titel pada cover majalah ditulis tentang sumbangsi Tesla terhadap generasi kelistrikan.
Tahun 1936 dia menulis telegram kepada Vladco Macek, ( politisi dan pemimpin partai berpengaruh saat itu di Croasia ) isi telegramnya “ Saya bangga sebagai seorang Serbia dan tanah kelahiranku Croasia. Sejahtera untuk Yugoslavia ! ( I’m equally proud of my Serbian origin and my Croatian homeland. Long live all Yugoslavs ) “.
Pada umur 41 tahun, Tesla mengajukan hak patent untuk “Radio”, merupakan hak patent pertama untuk Radio ( U.S patent 645,576 ). Setahun kemudian dia mendemontrasikan radio control boat dihadapan militer Amerika. Yang dimaksud radio control disini adalah remot control mobil mainan atau lainnya dimasa kini. Tahun 1898, dia medemonstrasikan radio control boat ( kapal boat kecil, mainan ) dihadapan publik pada pameran kelistrikan di Madison Square Garden. Tesla menamakan temuannya itu dengan nama “ Teleautomaton”. Pada tahun yang sama Tesla berhasil menemukan “Electric Igniter” atau “Spark Plug” ( busi ). Dengan hak patent Amerika 609,250 “ Electrical Igniter for Gas Engines”.
Tahun 1899, dia pindah ke Colorado, tinggal di Colorado Spring, melakukan riset barunya tentang Telegrap tanpa kabel. ( wireless telegraphy ) Dia melakukan percobaan dari Pikes Peak ke Paris, bebrapa eksperiment radio komunikasi lainnya. 7 Januari 1900, Tesla meninggalkan Colorado. Labnya dia jual untuk bayar hutang. Hasil percobaan-percobaan di Colorado adalah untuk pengembangan projek berikutnya.
Dengan tambahan modal dari J. Pierpont Morgan, Tesla merencanakan membangun Lab. Wardenclyffe Tower tahun 1900, tapi pada 1902 ia memindah lab-nya dari Houston Street ke Wardenclyffe. Pada ulang tahunnya yang ke 50 di tahun 1909, Tesla mendemonstrasikan turbin ciptaannya ( bladeless turbin ) berkekuatan 200HP (150 Kw ) dengan putaran 16.000 rpm. Selama tahun 1910-1911, ia melakukan percobaan turbinya di Waterside Power Station, New York. Turbin-turbin yang dilakukan tes disana berkeuatan antara 100 – 5000 Hp.
Pada umur 81 tahun dia menyelesaian sebuah buku berjudul “ dynamic theory of gravity”, tapi buku itu tak pernah dipublikasikan. Tesla meninggal karena penyakit gagal hati ( heart failure ), sendirian di kamar hotel no.3327, New Yorker Hotel. 7 januari1943, disamping telah menjual hak patennya atas temuannya, listrik arus bolak-balik ( AC electricity patent ), Tesla meninggal dengan meninggalkan banyak hutang. Dan semua berkas-berkas temuan Tesla disita oleh pemerintah Amerika serikat.
Tesla adalah salah satu ahli listrik terbaik di Amerika. Sangat berjasa dalam perkembangan tehnologi kelistrikan atau yang berhubungan dengan hal itu buat negara Amerika. Banyak sekali monumen dan patung maupun musium di bangun disana, terutama di New York

Penemu Tank Berlapis Baja

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEioUDDN81Gwqxs0pRJcaZDxjFfez15iseTL0IhWKDJozSgZ5teA44lP6LOh2iGdWpl4zUx59SaiDLs_BaZnvm7lJHWsKr6bhDHruHb25SiJoXBMuczEnHB6SUSRuOxP7AAjblnrQgeGhOI/s320/article-1176717-04C91D07000005DC-122_233x307.jpg https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhOcGrNnXQLDNYeTz1xuUBCyWHArrMxT6zrAS-wMEmCaGOAzeDuw1zyoByYdtf_nXoQtnILo9GGWFNotHq0O6_zZkbeeTNTHOmyo9djkGN1QRkxE9NBcNrGlC12sNvVLyLQGiEqs4IwKDD5/s1600/Tank+SBS+Pindad4.jpg
Kendaraan untuk perang ini pertama kali diciptakan pada tahun 1915 oleh seorang Inggris bernama Sir Ernest Swinton.
Percobaan pertama dimulai pada awal Perang Dunia I.
Tank pertama muncul pada tahun 1916, sudah dilengkapi dengan senjata yang berbeda-beda menurut typenya. Ia digerakkan dengan mesin 6 silinder berkekuatan 150 tenaga kuda. Meskipun begitu orang masih belum memperoleh kepuasaan sehingga pada tahun 1917 muncul model baru yang sudah diperbaiki antara lain pada mesin penggeraknya yang diperbesar kepasitasnya.
Tank-tank ini dapat dibedakan atas :
1. Tank untuk tugas pengintaian atau tugas kepramukaan, jenis ini digolongkan kelas ringan.
2. Tank untuk tugas penjelajahan medan perang, jenis digolongkan kelas sedangg dan
3. Tank untuk bertugas melindungi pasukan infanteri, jenis ini digolongkan kelas berat.

Benjamin Holt
Benjamin Holt Leroy adalah orang Amerika penemu alat berat yang bernama traktor,  Ia lahir pada 1 Januari 1849 dan meninggal pada 5 Desember 1920. Traktor digunakan untuk keperluan pertanian dan rekayasa kendaraan berat, Selain itu digunakan pula pada perang dunia 1 keperluan perang. Roda traktor yang unik dapat menyebarkan berat di atas area yang luas sehingga dapat  mencegah kendaraan dari tenggelam ke dalam tanah lunak. Holt mendirikan perusahannya bersama dengan saudara-saudaranya dengan nama Holt Manufacturing Company dan memperoleh paten terkait untuk kendaraan traktor dari sebuah perusahaan di Inggris, Richard Hornsby & Sons of Grantham, Inggris pada tahun 1911.
Benjamin Holt Leroy hidup dalam keluarga yang terbiasa dengan aktifitas pembuatan kayu untuk dijadikan roda-roda kendaraan, aktifitas tersebut digeluti oleh seluruh keluarga dari mulai orang tuanya sampai saudara-saudaranya. Mereka sudah terbiasa mengirimkan barang-barang dari suatu tempat ke tempat lainnya. Dari pengalaman tersebut Holt mendapat pelajaran dari mulai tekhnik dan bisnis.

Membentuk perusahaaan di California

Benjamin Holt tiba di California pada tahun 1883. The Holt bersaudara membentuk Perusahaan Stockton Wheel, perusahaan tersebut mempersiapkan lahan untuk digunakan dalam lembah gersang di  California dan gurun Barat. Mereka mengawali usahanya di Central Valley kota Stockton, California, di mana iklim yang cocok untuk pengeringan roda kayu.

Benjamin diakui oleh keluarganya sebagai mekanik dan wirausahawan jenius. Benjamin mampu memulihkan kembali ladang yang sebelumnya tidak menghasilkan, Benjamin Holt memproduksi kuda pertamanya yang bernama "Link-Belt Combined Harvester." Mesin ini menggunakan sabuk rantai fleksibel bergigi untuk mengirimkan daya dari roda ke tanah yang bekerja secara mekanis. Namun pada waktu itu tarktor buatan benjamin masih menggunakan tenaga kuda bukan mesin.



Traktor mesin pertama
Benjamin Holt
Holt 75 ( s/n 3580) dipamerkan di Inggris pada tahun 2008
Pada tahun 1890, Holt membuat mesin traktor bertenaga uap pertama yang dijuluki "Old Betsy". mesin tersebut memiliki spesifikasi: 60 horsepower (45 kW) on a 24 feet (7.3 m)-long frame from a single 11 inches (280 mm)-diameter, 12 inches (300 mm)-stroke piston.. Bahan bakar yang digunakan adalah kayu bakar, batu bara, atau minyak. Tercatat 675 US galon (2.560 l; 562 imp gal) air, beratnya £ 48.000 (22.000 kg) dan naik pada roda logam besar. Traktor Holt bisa memanen ladang besar untuk seperenam biaya yang ditarik eleh tenaga kuda.

Pada tahun 1892 yang Holts memproduksi traktor uap yang mampu mengangkut 50 ton barang dengan kecepatan 3 mil per jam (4,8 km / jam).Pada tahun itu juuga Benjamin Holt menjadi pimpinan perusaan dan perusahaan ini berdiri sebagai Holt Manufacturing Company.
Salah satu inovasi berikutnya adalah untuk menghasilkan harvester(mesin penuai/pemanan) yang dapat digunakan di lereng bukut. Dia menambahkan dua bingkai kayu yang terpisah yang memungkinkan roda drive yang akan dinaikkan atau diturunkan independen satu sama lain. Hal ini memungkinkan menggabungkan untuk beroperasi pada lereng curam seperti 30 derajat sedangkan mesin perontok tetap horizontal. Namun, mesin itu 36 kaki (11 m) dan lebar diperlukan 20 atau lebih kuda atau keledai untuk menariknya.
Sementara lebih dari 100 paten terkait untuk crawler-jenis tapak traktor sudah diterbitkan di seluruh dunia, semua gagal untuk bekerja di lapangan. Pusat inovasi berada di Inggris, dan pada tahun 1903 Holt bepergian ke Inggris untuk mempelajari lebih lanjut tentang pembangunan berkelanjutan, meskipun semua orang telah melihat banyak kegagalan, Benjamin kembali ke Stockton dan memanfaatkan pengetahuan dan perusahaannya. Pada tanggal 24 November 1904, di ladang di sekitar Stockton, California , ia berhasil menunjukkan traktor tipe track yang pertama berhasil dijalankan.
Setelah perang berakhir, Holt kurang fokus pada mesin pertanian dan lebih serius untuk memproduksi peralatan pembangunan jalan. Pada tanggal 5 Desember 1920, saat berusia 71 tahun Benjamin Holt meninggal setelah sakit selama sebulan




https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjRw8Mqw_jOZOOgPCz016wgSYeGRE1bepKusp3sYpgiezJI-vFmlJa21f7PeMBj1SnmDTMXARhtTwuMDP8yaI6fb_zkSsMB4fSwa9HQbPYbS89Ya6qNFvNaO5SAf7f36i46nGL__ChLEy84/s320/langmuir_postcard.jpgIrving Langmuir lahir di Brooklyn, New York, pada tanggal 31 Januari 1881, sebagai yang ketiga dari empat putra Charles Langmuir dan Sadie, nee Comings. pendidikan awal-Nya diperoleh di berbagai sekolah dan lembaga di Amerika Serikat, dan di Paris (1892-1895). Ia lulus sebagai insinyur metalurgi dari School of Mines di Columbia University pada tahun 1903. bekerja Pascasarjana Kimia Fisik bawah Nernst di Göttingen yang dia gelar MA dan Ph.D. pada tahun 1906 Kembali ke Amerika, Dr Langmuir menjadi Instruktur dalam Kimia di Stevens Institute of Technology, Hoboken, New Jersey, tempat ia mengajar sampai dengan Juli 1909.


Dia kemudian masuk ke Laboratorium Penelitian General Electric Company pada Schenectady di mana ia akhirnya menjadi Direktur. Pekerjaan pertamanya ialah memecahkan masalah yang dihadapi sekaitan dengan bola lampu filamen tungsten baru. Langmuir berkonsentrasi pada prinsip dasar di mana lampu bekerja, meneliti reaksi kimia yang dikatalisis oleh filamen tungsten panas. Ia mengusulkan mengisi bola lampu dengan gas nitrogen (dan kemudian gas argon) dan memilin filamen itu menjadi bentuk spiral untuk menghambat penguapan tungsten.
Minatnya dalam asas itu melibatkannya dalam teori ikatan kimia dalam masalah elektron, dan ia menguraikan gagasan-gagasan yang pertama kali dikemukakan oleh Gilbert Lewis.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgnBL0P7y0plCpl12bKW1X7uTtjvF5gt6QOAdn_3R-Tnm9G58X-5zx8a18H8kayc9Rc_Zu4oZzJ4II-W-BQojJsnbXL7Ynlzrx2Lfrv20-G2PqshjlY1j1DsAUbRG2MjGYeC1UuRwAejUXo/s320/Irving+Langmuir+Photo.jpg
Langmuir mengajukan bahwa oktet bisa diisi dengan pasangan antara 2 atom—ikatan "kovalen". Studinya pada kimia permukaan—studi gaya kimiawi pada permukaan kontak (antarpermukaan) antara zat-zat yang berbeda, di mana begitu banyak reaksi biologis dan teknologis terjadi—membuatnya memenangkan Penghargaan Nobel dalam Kimia pada 1932. Langmuir mengembangkan konsep baru adsorpsi, yang tiap molekul menabrak permukaan dalam kontak dengannya sebelum menguap, kemudian membentuk monolayer—berkebalikan dengan teori sebelumnya yang menyerupai adsorpsi pada penarikan bumi dari gas-gas di atmosfer, di mana tarikan itu berkurang seiring dengan menjauhnya gas-gas itu dari bumi. Ia mengembangkan banyak teknik eksperimental, termasuk penggunaan meluas tabung vakum untuk mempelajari antarpermukaan padat-cair dan film minyak untuk mempelajari antarpermukaan cair-cair.

Praktikum lain dengan implikasi teoretis—pada pelepasan elektris dalam gas—membantu meletakkan pendirian fisika "plasma", yang memiliki penerapan kini dalam percobaan pada gabungan nuklir terkendali. Ia memelihara minat panjang dalam meteorologi, termasuk kerja pengembangan pesawat yang menghilangkan lapisan es selama PD II. Di sini Langmuir terlalu menekankan penelitian teori, yang menimbulkan pembawaannya penelitian awal dalam
"membenihi" awan dengan partikel karbon dioksida padat untuk menciptakan hujan.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgFFSl2Z0Sep1CBN_u9MzRQ4tSiHZzUn1BVM-4JUIm7XzwbAa1SWCKA53zi-i-vloo3ll4SgphNowY48lh7mlWQoV1CeiuyoW9do6v4prsuJuWBbPN_s90v3ZOR-QCYDP_Pe-38wocgSZw3/s320/wwwbritannicacom.jpg
Studi Langmuir memeluk kimia, fisika, dan rekayasa dan sebagian besar merupakan hasil dari studi fenomena vakum. Dalam mencari mekanisme atom dan molekul ini ia menyelidiki sifat film terserap dan sifat pembuangan listrik di vakum tinggi dan gas-gas tertentu pada tekanan rendah.
Karyanya pada filamen dalam gas secara langsung mengarah pada penemuan lampu pijar gasfilled dan penemuan atom hidrogen. Dia kemudian digunakan kedua dalam pengembangan proses pengelasan hidrogen atomik.
Dia adalah yang pertama untuk melihat film yang sangat stabil monoatomik teradsorpsi pada filamen tungsten dan platina, dan mampu, setelah percobaan dengan film minyak di atas air, untuk merumuskan teori umum film teradsorpsi. Ia juga mempelajari sifat katalitik dari film tersebut.

Langmuir bekerja pada efek muatan ruang dan fenomena terkait menyebabkan banyak perkembangan teknis yang penting yang telah berpengaruh besar pada teknologi nanti. Dalam kimia, minatnya dalam mekanisme reaksi menyebabkan dia untuk mempelajari struktur dan valensi, dan ia memberikan kontribusi pada pengembangan teori Lewis elektron bersama.
Di antara penghargaan dibuat kepadanya adalah: Nichols Medali, (1915 dan 1920); Hughes Medal (1918); Rumford Medal (1921); Cannizzaro Prize (1925); Perkin Medal (1928), Sekolah Pertambangan Medali (Columbia University, 1929 ); Chardler Medal (1929); Willard Gibbs Medal (1930); Ilmu Populer Bulanan Award (1932), Penghargaan Nobel dalam Kimia (1932); Medali Franklin dan Holly Medal (1934); Yohanes Penghargaan Scott (I937); "Pioneer Modern Industri "(1940); Medali Faraday (1944); Medali Mascart (1950). Selain itu, ia adalah seorang Anggota Asing Royal Society of London, Fellow dari American Physical Society, Kehormatan Anggota Lembaga Inggris Logam, dan Kimia Society (London). Beliau pernah menjabat sebagai Presiden dari American Chemical Society dan sebagai Presiden Asosiasi Amerika untuk Kemajuan Ilmu Pengetahuan.

derajat Kehormatan yang diberikan kepada Langmuir oleh perguruan tinggi dan universitas sebagai berikut: Northwestern, Uni, Edinburgh (Skotlandia), Columbia, Kenyon, Princeton, Lehigh, Harvard, Oxford, Johns Hopkins, Rutgers, Queens (Kanada), dan Stevens Institute of Technology.

hobi Dr Langmuir adalah gunung, ski, terbang, dan, terutama, untuk memahami mekanisme fenomena alam yang sederhana dan akrab. Ia menikah Marion Mersereau pada tahun 1912. Mereka memiliki seorang putra, Kenneth, dan seorang putri, Barbara. Setelah menderita penyakit, ia meninggal pada tanggal 16 Agustus 1957

J.L. Baird & C.F. Jenkins Berasal dari Negara Amerika penemu tv

http://www.doramusic.com/John%20Logie%20Baird.jpgSEJARAH PENEMUAN TELEVISI
Pada tahun 1884, Paul Nipkow, seorang ilmuwan berkebangsaan Jerman, menciptakan sebuah alat yang mempu mengubah sinyal listrik menjadi gambar. Setelah melewati penelitian oleh para ilmuwan di berbagai negara, pada tahun 1925 berdasarkan teori Nipkow, seorang ilmuwan Inggris, John Logie Baird, akhirnya berhasil menciptakan “Sistem Tayangan Televisi” yang pertama.
Ia kemudian dikenal sebagai “Bapak Penemu Televisi”. Ciptaanya ini disebut-sebut sebagai televisi pertama. Tahun 1935, setelah Perusahaan BBC dari inggris mendirikan perusahaan yang menyiarkan program televisi pertama di dunia, sejak itu pula seluruh dunia memasuki suatu masa penyiaran televisi.


TV MEKANIK
http://engineeringtown.com/kids/images/stories/Penemuan/tv1.jpg  http://www.engineeringtown.com/kids/images/stories/Penemuan/tv2.jpg
Sekitar tahun 1920 John Logie Baird dan Charles Francis Jenkins menggunakan piringan karya Paul Nipkow untuk menciptakan suatu sistem dalam penangkapan gambar, transmisi, serta penerimaannya. Pada tahun 1923 Vladimir Kozma Zworykin, mendaftarkan paten atas namanya untuk penemuannya, kinescope, televisi tabung pertama di dunia. Keterbukaan Zworykin pada kritik, membuatnya menemukan penemuan baru lagi yaitu sebuah kamera tabung yang diberi nama iconoscope. Dialah yang kemudian disebut sebagai Sang Penemu Televisi. (1889-1982).


ELEKTRONIK
Televisi elektronik agak tersendat perkembangannya pada tahun-tahun itu, hal ini disebabkan karena televisi mekanik lebih murah dan tahan banting. Sampai akhirnya Vladimir Kosmo Zworykin dan Philo T. Farnsworth berhasil menemukan TV elektronik. Baik Farnsworth, maupun Zworykin, bekerja terpisah, dan keduanya berhasil dalam membuat kemajuan bagi TV secara komersial dengan biaya yang sangat terjangkau.


http://engineeringtown.com/kids/images/stories/Penemuan/tv4.jpg

Di tahun 1935, keduanya mulai memancarkan siaran dengan menggunakan sistem yang sepenuhnya elektronik. Namun sayangnya pada masa itu semua orang hanya dapat menyaksikannya dalam format warna hitam putih. Pada masa itu ukuran layar TV hanya sekitar tiga sampai delapan inchi saja sehingga persaingan mekanik dan elektronik tidak begitu nyata.

http://engineeringtown.com/kids/images/stories/Penemuan/tv5.jpg
 Berpuluh tahun kemudian hingga awal abad 21 ini, orang sudah biasa berbicara lewat telepon selular digital dan mengirim e-mail lewat jaringan komputer dunia, tetapi teknologi televisi pada intinya tetap sama.
Tentu saja ada beberapa perkembangan seperti tata suara stereo dan warna yang lebih baik, tetapi tidak ada suatu lompatan besar yang mampu untuk menggoyang persepsi kita tentang televisi
Telegraf
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/c/c1/Telegraf.jpg/200px-Telegraf.jpg
http://bits.wikimedia.org/static-1.24wmf7/skins/common/images/magnify-clip.png
Telegraf
Telegraf merupakan sebuah mesin/alat yang menggunakan teknologi telegrafi untuk mengirim dan menerima pesan dari jarak jauh,biasanya menggunakan morse sebagai kode komunikasi. Kata "telegraf" yang sering didengar saat ini, secara umum merupakan telegraf elektrik. Telegraf diciptakan oleh seorang warga Amerika Serikat bernama Samuel F.B. Morse bersama dengan asistennya Alexander Bain.
Sistem Operasi Telegraf
(HF 0606094365) Pesan pada telegraf dikirimkan oleh operator telegraf (telegrapher) menggunakan kode morse yang dikenal dengan nama "telegram" atau “kabelgram”, dan sering disingkat dengan pesan kabel atau kawat. Sebelum telepon jarak jauh (interlokal) diperkenalkan dan digunakan, telegram ini sangat terkenal pemakaiannya. Telegram biasanya digunakan untuk keperluan bisnis, dan tidak sama dengan email. Telegram sering digunakan untuk pengiriman dokumen resmi dalam perjanjian bisnis.

Sejarah Telegraf


http://people.seas.harvard.edu/%7Ejones/history/images/history/von_Soem.jpghttp://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/3/3e/Wendelin_Moosbrugger,_Samuel_Thomas_Soemmerring,_1813_aus_A.jpg
Telegraf elektrik pertama kali ditemukan oleh Samuel Thomas von Sömmering pada tahun 1809. Kemudian pada tahun 1832, Baron Schilling membuat telegraf elektrik pertama. Carl Friedrich Gauss dan Wilhelm Weber merupakan orang pertama yang menggunakan telegraf elektrik untuk alat komunikasi tetap pada tahun 1833 di Göttingen. Telegraf komersil pertama dibuat oleh William Fothergill Cooke dan dipasarkan pada Great Western Railway di Inggris. Telegraf ini dipatenkan di Inggris pada tahun 1837. Telegram ini dikirimkan pada jarak 13 mil/21 km dari stasiun Paddington ke West Drayton dan mulai dioperasikan pada tanggal 9 April 1839.
Pada tahun 1843, seorang penemu asal Skotlandia, Alexander Bain, menemukan sebuah alat yang bisa dikatakan merupakan sebuah mesin faksimil pertama. Ia menyebut penemuannya ini dengan “recording telegraph” (teleraf perekam). Telegraf yang ditemukan Bain ini mampu mengirimkan gambar menggunakan kawat elektrik. Pada tahun 1855, seorang biarawan Italia, Giovanni Caselli, juga membuat sebuah telegraf elektrik yang dapat mengirimkan pesan. Caselli menamai penemuannya ini dengan “Pantelegraf”. Pantelegraf telah sukses digunakan dan diterima sebagai saluran telegraf antara kota Paris dan Lyon.
Sebuah telegraf elektrik, pertama kali dengan bebas ditemukan dan dipatenkan di Amerika Serikat pada tahun 1837 oleh Samuel F. B. Morse. Asistennya, Alfred Vail, membuat kode morse yang menyimbolkan huruf dengan Morse. Telegraf Amerika pertama dikirimkan oleh Morse pada tanggal 6 Januari 1838 melalui 2 mil / 3 km kawat di Speedwell Ironworks dekat Morristown, New Jersey. Pesannya dibaca "Seorang penunggu yang sabar bukanlah pecundang" (A patient waiter is no loser) dan pada tanggal 24 Mei 1844, ia mengirim sebuah pesan “Apa yang telah Tuhan ciptakan" (What hath God wrought) dari the Old Supreme Court Chamber di Gedung DPR di Washington kepada Mt. Clare Depot di Baltimore. Morse / Vail telegraf dengan cepat disebarkan pada 2 dasawarsa berikutnya.
Kabel lintas atlantik mulai dicoba digunakan pada tahun 1857, 1858, dan 1865. Kabel pada tahun 1957 hanya dioperasikan beberapa kali. Kabel telegraf komersil pertama yang mampu melintasi samudera atlantik berhasil diselesaikan pada tanggal 18 Juli 1866.
Australia merupakan penghubung pertama dunia pada Oktober 1872 melalui telegraf bawah laut di Darwin. Hal ini menimbulkan berita baru bagi dunia. Kemajuan teknologi telegraf selanjutnya terjadi pada awal tahun 1970, ketika Thomas Edison menemukan "telegraf dua arah dengan rangkap dua penuh" (full duplex two-way telegraf) dan melipatgandakan kapasitasnya dengan menemukan guadruplex pada tahun 1874. Edison mendaftarkannya pada lembaga pematenan US dan duplex telegraf berhasil dipatenkan pada tanggal 1 september 1874.
Perkembangan telegraf
Pada Awal tahun 1830, telegraf elektrik berkembang dengan digunakannya tegangan listrik untuk mengontrol elektromagnet yang didengarkan pada ujung-ujung transmisi. Keterbatasan teknologi saat itu adalah hasil pengiriman kode melalui kabel tidak dapat di print. Kemudian, telegraf elektrik dikembangkan dengan menggunakan elektromagnet receiver. Dengan elektromagnet receiver, kode morse dapat diterjemahkan kepada pendengarnya dalam bentuk tulisan,
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhp-EiHQ33Y3Qb_5_eBx043xg_zfKS6sEK0Oc6PNjD6-DVW3bJT9IKgVB_m5QSRg8CwwzaVMQ5QXg9NZv1wM6cmOkRkiVvr8UKig_aGDlKBRtNHgCBr-qLYZOkn0yfEKYccIsqvMeFrhYVd/s320/charles-babbage.jpgCharles Babbage yang lahir 26 Desember 1792, daerah yang sekarang dikenal dengan nama Southwark, London, anak dari Benjamin Babbage, seorang Banker. Kelebihannya dalam matematika sangat menonjol. Saat memasuki Trinity College di Cambridge tahun 1811, dia mendapati bahwa kemampuan matematikanya jauh lebih baik, bahkan daripada tutornya sendiri.seorang matematikawan dari Inggris yang pertama kali mengemukakan gagasan tentang komputer yang dapat diprogram. Sebagian dari mesin yang dikembangkannya kini dapat dilihat di Musium Sains London.

Di usia 20 tahunan Babbage bekerja sebagai seorang ahli matematika terutama dibidang fungsi kalkulus. Tahun 1816, dia terpilih sebagai anggota "Royal Society" (organisasi sains dan akademis independen Inggris Raya, masih aktif hingga kini) dan memainkan peran penting di yayasan "Astronomical Society" (organisasi Astronomi dan geofisika Inggris raya, masih aktif hingga kini) pada tahun 1820. Pada masa ini Babbage mulai tertarik pada mesin hitung, yang berlanjut hingga akhir hayatnya.

Pada masa itu, perhitungan dengan menggunakan tabel matematika sering mengalami kesalahan. Babbage ingin mengembangkan cara melakukan perhitungan secara mekanik, sehingga dapat mengurangi kesalahan perhitungan yang sering dilakukan oleh manusia. Saat itu, Babbage mendapat inspirasi dari perkembangan mesin hitung yang dikerjakan oleh Wilhelm Schickard, Blaise Pascal, dan Gottfried Leibniz. Gagasan awal tentang mesin Babbage ditulis dalam bentuk surat yang ditulisnya kepada Masyarakat Astronomi Kerajaan berjudul "Note on the application of machinery to the computation of astronomical and mathematical tables" ("catatan mengenai penerapan mesin bagi penghitungan tabel astronomis dan matematis") tertanggal 14 Juni 1822.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjKW76P4TwwJ3uQqMrkisqdj3ojNeyOjMC1mT9VyxlQKtkf82eRUdIMpOciGI68ukXH6SKeOQ9G_pghTaCUJte54MyLZMEPL5Qa_0ygH9rR_IvWLlIzaUVaQDBQRytJtnBVkV31yE8j1tZ-/s320/DifferenceEngine.jpg
Tahun 1821 Babbage menciptakan Difference Engine, sebuah mesin yang dapat menyusun Tabel Matematika. Saat melengkapi mesin tersebut di tahun 1832, Babbage mendapatkan ide tentang mesin yang lebih baik, yang akan mampu menyelesaikan tidak hanya satu jenis namun berbagai jenis operasi aritmatika. Mesin ini dinamakan Analytical Engine (1856), yang dimaksudkan sebagai mesin pemanipulasi simbol umum, serta mempunyai beberapa karakteristik dari komputer modern. Diantaranya adalah penggunaan punched card, sebuah unit memori untuk memasukkan angka, dan berbagai elemen dasar komputer lainnya.

Karya Babbage kurang begitu terkenal sampai suatu saat dia bertemu dengan Ada Countess of Lovelace, anak dari Lord Byron. Babbage mula-mula bertemu ada di sebuah acara tanggal 6 Juni 1833. Sembilan tahun kemudian, Luigi Federico Manabrea (seorang insinyur dari Italia) menjelaskan cara kerja Analytical Engine. Karya ini kemudian diterjemahkan dan ditambahkan notes oleh
bold;">Ada Lovelace di tahun 1843. Mulai dari saat itu orang mulai mengenal karya Charles Babbage.

Tahun 1937, tulisan Babbage menjadi perhatian Howard H. Aiken, sarjana tamatan Harvard. Aiken yang juga sedang mencoba menyelesaikan rancangan mesin komputer, tergerak oleh gagasan Babbage. Bekerjasama dengan IBM, Aiken sanggup membuat Mark I, komputer pertama untuk segala keperluan. Dua tahun sesudah Mark I dioperasikan (1946), kelompok insinyur dan penemu lain menyelesaikan ENIAC, mesin hitung elektronik pertama. Sejak itu, kemajuan teknologi komputer berkembang pesat.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjDe4vBcuVl1kxHEj-BOiR1uuQMeUxu_gw2qiILdLxwTooSTzL4IfvBY00NHDjFmQ29Qu7OYkMtHSLcd5E1Mdbl9PX0LqSFmEKPSD1Xsjr8W6ui39tYrWHe5mz1fbOQ_CDwQBwW4zKJ5lok/s320/difference-engine-workshop.jpg
Mesin hitung punya pengaruh begitu besar di dunia, malahan akan menjadi lebih penting lagi di masa depan, sumbangan pikiran Babbage terhadap perkembangan komputer tidaklah lebih besar ketimbang Aiken atau ketimbang John Mauchly dan J.O. Eckert (tokoh utama dalam perancangan ENIAC). Atas dasar itu paling sedikit ada tiga pendahulu Babbage (Blaise Pascal, Gottfried Leibniz dan Joseph Marie Jacquard) sudah membuat sumbangan setara dengan Babbage. Pascal, seorang matematikus, filosof dan ilmuwan Perancis menemukan mesin penjumlahan mekanis tahun 1642.

Tahun 1828 sampai 1839, Babbage medapat gelar the Lucasian chair of mathematics (gelar professor matematika paling bergengsi di dunia) dari Universitas Cambridge. Selain mesin hitung, Babbage juga memberikan berbagai kontribusi lain. Diantaranya menciptakan sistem pos modern di Inggris, menyusun table asuransi pertama yang dapat diandalkan, menemukan locomotive cowcather (struktur berbentuk segitiga di bagian depan kereta api, yang mampu membersihkan rel dari gangguan) dan beberapa lainnya. Selain itu Babbage juga menyumbangkan ide-idenya di bidang ekonomi dan politik.

Charles Babbage juga seorang ahli cryptanalysis yang berhasil memecahkan vigenere cipher (polyalphabet cipher). Kepandaiannya ini sebetulnya sudah dimilikinya sejak tahun 1854, setelah dia berhasil mengalahkan tantangan Thwaites untuk memecahkan ciphernya. Akan tetapi penemuannya ini tidak dia terbitkan sehingga baru ketahuan di abad 20 ketika para ahli memeriksa notes-notes (tulisan, catatan) Babbage.

Dibalik seluruh keberhasilannya, kegagalan dalam pembuatan mesin perhitungan dan kegagalan bantuan pemerintah kepadanya, meninggalkan Babbage dalam kecewaan dan kesedihan di akhir masa hidupnya. Charles Babbage meninggal 18 Oktober 1871 pada umur 79 tahun, meninggalkan anak ; Benjamin Herschel Babbage (1815), Charles Whitmore Babbage (1817), Georgiana Whitmore Babbage (1818), Edward Stewart Babbage (1819), Francis Moore Babbage (1821), Dugald Bromheald Babbage (1823), Henry Prevost Babbage (1824), Alexander Forbes Babbage (1827), Timothy grant Babbage (1829)

http://engineeringtown.com/kids/images/stories/Penemuan/kipas.jpg
Ternyata kipas angin sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu loh. Kipas angin digunakan oleh beberapa negara di dunia seperti Mesir, Yunani, Roma, dan Cina. Kipas angin pertama kali ditemukan 4000 tahun yang lalu pada sebuah makam raja Mesir yaitu Raja Tutankhamen yang digali pada tahun 1922. Fungsi kipas pada saat itu adalah sebagai alat upacara keagamaan dan merupakan benda yang sangat sakral dan suci.

Pada waktu itu hanya raja dan permaisuri saja yang bisa memilikinya.  Kipas angin yang ditemukan di makam raja Mesir itu ada dua buah. Salah satu kipas angin tersebut gagangnya dilapisi oleh emas dan terbuat dari bulu burung unta, sedangkan yang satu lagi dilapisi eboni dengan emas dan batu-batu berharga. Wah, mewah banget ya temen-temen?

http://engineeringtown.com/kids/images/stories/Penemuan/kipas-angin-1.jpg

Perkembangan kipas angin dimulai pada abad ke-15 di Eropa, tepatnya di Italia. Saat itu, kegunaan dari kipas adalah sebagai produk perdagangan yang memiliki nilai seni tinggi. Kipas angin disimbolkan sebagai kemakmuran dan kelas sosial seseorang. Mungkin karena kemewahannya itu ya. Pada abad ke-16 hingga abad ke-18, kipas angin mengalami perubahan fungsi menjadi produk fashion dan sangat popular saat itu. Kemudian pada abad ke 20 kipas angin sudah tidak lagi sebagai sebuah produk fashion namun menjadi alat periklanan. Sedangkan di Spanyol, kipas angin menjadi alat untuk mendinginkan udara karena Spanyol memiliki iklim yang panas.

Pada tahun 1860-an masyarakat mulai mengenal kipas angin yang berbentuk kipas angin atap. Kipas angin elektrik baru dikenal oleh masyarakat pada tahun 1880-an. Kemudian kipas angin listrik pertama kali diperkenalkan oleh Schuyler Skaats Wheeler pada tahun 1882. Wheeler membuat kipas angin listrik pertamanya dengan dua buah baling-baling yang digerakkan oleh sebuah motor bertenaga listrik.

Selanjutnya, kipas angin dikembangkan dan dipatenkan hak ciptanya oleh ilmuwan bernama Philip H. Diehl pada tahun 1887. Diehl memperkenalkan kipas angin yang menempel pada langit-langit rumah. Ide ini kemudian menjadi dasar penemuan kipas angin yang dapat bergerak ke sana-kemari. Perkembangan kipas angin terus berlanjut hingga menjadi model yang banyak kita temui saat ini.

INILAH PENEMU ROBOT PERTAMA


http://doctorrobotika.files.wordpress.com/2010/01/photoal-jazari.jpg  
Robot
Ilustrasi

Mendengar kata robot maka bayangan kita akan mengarah pada sebuah benda canggih hasil rekayasa teknologi yang dapat melakukan berbagai pekerjaan manusia. Berbagai pekerjaan yang sangat sulit dan berat dapat dilakukan oleh robot tersebut. Mendengar kata robot, bayangan kita juga akan tertuju ke sebuah negara yang bernama Jepang. Jepang dikenal sebagai pelopor robot cerdas sebagaimana yang sering dipamerkan ke publik.
Robot dapat dijumpai di berbagai tempat misalnya di pelabuhan, bandara, pabrik dan sebagainya. Robot digunakan untuk berbagai kepentingan antara lain merakit berbagai benda berteknologi nano, merakit kendaraan bermotor, mengoperasi pasien di rumah sakit, mengangkat benda berat, menjinakkan bom atau ranjau dan menjelajah ruang angkasa.

Penemuan Robot Pertama

Ketika diberikan pertanyaan kepada Anda, siapa orang pertama yang menemukan dan merekayasa teknologi robot. Tidak semua orang bisa menjawab. Tahukah Anda bahwa robot pertama kali dibuat pada abad ke-12?
Adalah Ibnu Ismail Al Jazari orang pertama yang berhasil menciptakan robot. Ia lahir di Al Jazira, sebuah wilayah antara Sungai tigris dan Efrat. Ibnu Ismail Al Jazari mempunyai nama lengkap Badi Al-Zaman Abullezz Ibn Alrazz Al-Jazari. Selanjutnya tinggal di Diyar Bakir, Turki, pada abad ke-12.
Ibnu Ismail Al Jazari dikenal sebagai seorang ahli teknik yang mengabdikan diri kepada raja-raja Urtuq atau Artuqid di Diyar Bakir dari 1174 sampai 1200. pada rentang waktu itulah Ibnu Ismail Al Jazari menciptakan robot manusia (humanoid) yang dapat diprogram. Ibnu Ismail Al Jazari juga mengembangkan prinsip hidrolik guna menggerakkan mesin yang di kemudian hari dikenal dengan mesin robot.
Mesin robot yang berhasil diciptakan oleh Ibnu Ismail Al Jazari saat itu adalah berbentuk sebuah perahu terapung di sebuah danau yang di dalamnya terdapat empat robot pemain musik; dua penabuh drum, satu pemetik harpa, dan peniup seruling. Tujuan penciptaan robot tersebut adalah untuk menghibur para tamu kerajaan dalam suatu acara jamuan minum.
Keempat robot pemain musik ciptaan Ibnu Ismail Al Jazari pandai menghasilkan suara musik yang indah. Robot penabuh drum, misalnya, dapat memainkan beraneka irama yang berbeda-beda. Dapat dikatakan, robot kreasi Ibnu Ismail Al Jazari mampu bermain musik seperti manusia sungguhan!
Tidak hanya itu, Ibnu Ismail Al Jazari juga menemukan hal penting lainnya, yaitu pencuci tangan otomatis. Pencuci tangan yang berupa keran dapat bekerja secara otomatis dan bisa mengucurkan air tanpa harus diputar. Alat pencuci tangan yang ditemukan Ibnu Ismail Al Jazari itu sekarang telah digunakan pada sistem kerja toilet modern.
Ibnu Ismail Al Jazari telah berhasil mengembangkan tidak kurang dari 50 jenis penemuan. Kesemuanya ditulis dalam buku yang berjudul “The Book of Knowledge of Ingenious Mechanical Devices”
Atas berbagai penemuannya Ibnu Ismail Al Jazari itu, seorang ahli teknik Inggris, Donal Hill sangat kagum. Ia berpendapat, adalah tidak tepat jika mengabaikan hasil karya Ibnu Ismail Al Jazari yang demikian penting. Semua penemuan Ibnu Ismail Al Jazari ditulis dengan detail serta dipaparkan instruksi untuk mendesain, merakit, dan membuat sebuah mesin.
Jam gajah yang diciptakan sekitar tahun 1206 adalah salah satu karya Ibnu Ismail Al Jazari yang membuat Donald Hill kagum. Cara kerja jam gajah tersebut menggunakan tenaga air dan berat benda guna menggerakkan secara otomatis sistem mekanis. Pada rentang waktu tertentu akan memberikan suara simbal dan burung berkicau. Replika jam gajah kreasi Ibnu Ismail Al Jazari dapat dilihat saat ini di














Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Hari Pers Dunia 3 mei

SELAMAT HARI PERS DUNIA Kita Masih Minum Darah Kuntum Suatu Malam… Kuntum… mati di pinggir hutan Bajunya robek di sisi lengan Mukanya l...